by

Telkom Raih “Digital Marketing Award” dan “Indonesia Green Award” 2011

Medan, 5 Oktober 2011 —  Telkom selaku operator telekomunikasi ‘merah putih’ kembali meraih dua penghargaan,  yakni “ Indonesia Green Award 2011” dan “Digital Marketing Award 2011”. Dua penghargaan itu diterima secara terpisah di Jakarta. Penghargaan “Indonesia Green Awar 2011” diserahkan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan kepada Direktur IT Indra Utoyo dan  Penghargaan Digital Marketing Award  diserahkan Chairman Frountier Consulting Group, Handi Irawan kepada  Pejabat Komunikasi Telkom, Abdul Mukti Soma.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menegaskan, “Telkom sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ICT, sangatlah peduli terhadap program pelestarian lingkungan,”  Untuk itu,  Telkom pantas meraih penghargaan sebagai perusahaan penginspirasi bumi.

Jelas menteri,  pemerintah tidak mungkin bisa melakukan pelestarian lingkungan tanpa didukung oleh partisipasi seluruh masyarakat, yang meliputi perusahaan, lembaga, ataupun individu. “Saya sangat berterimakasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah berpartisipasi melakukan program pelestarian lingkungan,” katanya.

Dalam paparannya, Direktur IT Supply & Solution, Indra Utoyo menjelaskan bahwa saat ini perusahaan telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung program pelestarian lingkungan untuk mewujudkan Indonesia Hijau. “Diantaranya kami telah menerapkan kebijakan paperless, efisiensi listrik dan air, serta kami memiliki program yang bernama Go-Green’” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada sejumlah perusahaan dan individu yang melakukan hal tersebut. Adapun penghargaan akan diberikan kepada 34 perusahaan dan publik.

Digital Marketing

Sedangkan penghargaan Digital Marketing diraih Telkom dari Frountier  dari dua produk Telkom, yakni: Flexi dan Speedy. Kedua meraih   penghargaan untuk katagori Great Performing Brand in Social Media untuk masing-masing kategori CDMA Simcard dan Internet Provider Fixed. Penghargaan diterima Pejabat Komunikasi Telkom Abdul Mukti Soma.   Selain itu, Simpati Telkomsel dan Yes TV Telkom Vision juga meraih penghargaan yang sama untuk masing-masing kategori TV Cable dan GSM Simcard.

Dalam kesempatan itu Handi Irawan menjelaskan acara ini merupakan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan atau merek-merek yang sukses memasarkan produk-produknya di dunia digital. Dewan juri melakukan penilaian dengan metode survey di Jakarta dan Surabaya dengan total 500 responden. Adapun yang dinilai dalam survey ini mencakup lima dimensi yang diukur, yaitu reliability, durability, design, feature, dan easy to get.

Lebih lanjut Handi menjelaskan, di era digital ini perusahaan harus menghadapi kenyataan bahwa posisi konsumen saat ini lebih kuat. Konsumen bisa dengan bebas berbicara mengenai merek-merek suatu perusahaan secara positif maupun negatif. Untuk itu beliau mengatakan, penting bagi perusahaan untuk mulai mendengarkan apa yang diperbincangkan konsumen.

Namun perkembangan ini juga memiliki sisi baik bagi perusahaan, yaitu sebuah kemampuan untuk berkomunikasi secara langsung dan real time kepada konsumen. Di era social media, konsumen membutuhkan respons cepat dan personal dari brand. Jika hal ini dilakukan, maka konsumen akan merasa senang karena mereka sadar bahwa kebutuhan mereka selalu didengar dan diperhatikan. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.