by

Anjungan PKA Aceh Tengah Jadi Lokasi Penggembalaan Ternak

Banda Aceh | Lintas Gayo – Anjungan milik pemerintah Aceh Tengah yang terletak di taman Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Banda Aceh tampak terbengkalai.

Bangunan mirip “Umah Pitu Ruang” ini di bangun pada tahun 2004 lalu kini tampak tidak terawat. Beberapa bagian bangunan tersebut sudah terlihat lapuk.

Tidak terurusnya bangunan ini juga terlihat dari taman dan halaman yang sudah di tumbuhi rumput disana-sini. Dan saat disambangi Lintas Gayo sejumlah ternak tampak sedang merumput dilokasi tersebut.

Penjaga anjungan tersebut, Ramsi Jaya mengatakan sejak akhir 2010 hingga saat ini anggaran perawatan tempat ini sudah mulai tidak jelas hingga untuk listrik dan air saja sudah pernah di putus karena menunggak selama 5 bulan. Belum lagi biaya yang lainnya seperti pemotongan rumput yang pernah dijanjikan hingga kini tidak ada.

“Kita ingin ada kejelasan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah,” kata Ramsi Jaya, Rabu (30/11/2011).

Sementara itu, menurut ketua Forum Pendidikan Mahasiswa Aceh Tengah (FOPMAT), Jawahir Syahputra mengungkapkan rasa  sangat prihatin dengan kondisi seperti itu karena selama ini pihaknya mengaku banyak melihat wisatawan asing yang datang ke tempat tersebut.

“Kalau anjungan Aceh Tengah tidak terawat seperti itu kita sungguh malu, apalagi jika dibandingkan dengan anjungan daerah lainnya yang berada di komplek tersebut sangat terawat,” keluh Jawahir.

Dia menyarankan, jika memang tidak bisa dirawat dengan baik oleh perorangan, kedepan agar anjungan tersebut bisa dikelola oleh para mahsiswa di Banda Aceh. Di samping bisa digunakan sebagai kesekretariatan juga sebagai tempat berkreatifitas.

“Daripada kita melihat kondisi miris seperti ini, kita ingin kedepannya anjugan ini juga bisa menjadi tempat mempromosikan Aceh Tengah dan Gayo umumnya. Apalagi di PKA lalu Aceh Tengah adalah sebagai juara umum,” pungkas ketua Fopmat ini. (Miko)

Comments

comments