by

Peserta Try Out SNMPTN Membludak

Drs. Zainal Abidin Aw, M. Si dari Unsyiah (berdiri sebelahkiri) dan Kepsek SMAN 1 Takengon Uswatuddin (kanan) sedangn mengawasi peserta try out SNMPTN di sekolah tersebut, Minggu (29/1/2012).(Foto Maharadi)

.

Takengon | Lintas Gayo – Terpanggil atas rendahnya tingkat kelulusan calon mahasiswa asal dataran tinggi Gayo ke sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Forum Pendidikan Mahasiswa Aceh Tengah  (FOPMAT)  menggelar try out (TO) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Takengon Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (29/1/2012).

Try out dengan tema “Meningkatkan motivasi siswa-siswi dalam persaingan di perguruan tinggi ternama sebagai dasar cita-cita” dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tengah Drs Nasaruddin yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Kadis Pendidikan Aceh Tengah.

Kadis Nasaruddin dalam sambutannya memberikan apresiasi atas dukungan dari Fopmat yang membuat try out di Takengon. “kegiatan ini sangat positif, kita ketahui Aceh Tengah menjadi  kabupaten terbaik untuk tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) namun sangat rendah dalam tingkat kelulusan diperguruan tinggi Negeri,” kata Nasaruddin.

Sementara Pembantu Dekan III Jurusan Pisipol Universitas Syiah Kuala, Drs. Zainal Abidin Aw, M. Si yang memantau kegiatan tersebut dalam kata sambutannya mengatakan try out bisa menjadi salah satu cara bagi siswa untuk tembus ke Perguruan Tinggi.

“Siswa tidak hanya bisa mengetahui berapa nilai yang siswa dapat setiap mengikuti TO-nya tapi dapat menambah pengalaman dan pengetahuan bagi siswa,” kata Zainal Abidin. Dia juga mengingatkan panitia untuk tidak hanya memikirkan pendidikan Aceh Tengah dengan melakukan berbagai kegiatan namun lupa akan pendidikan sendiri.

Foto bersama panitia try out di SMAN 1 Takengon. (Foto : Maharadi)

Peserta Membludak

Target jumlah peserta yang semula diperkirakan hanya 300 orang ternyata dua kali lipat lebih banyak yang berasal dari 11 SMA, MA dan SMK di Aceh Tengah.

Menurut Taksindra Lesmana selaku ketua panitia try out dan tes minat bakat siswa sebelumnya FOPMAT hanya menargetkan 300 peserta namun membludaknya peserta sampai 600 peserta dari 11 sekolah SMA, MAN dan SMK se Aceh Tengah,

Tingginya animo peserta ini membuat panitia menbagi dua tempat pelaksanaan try out, di SMA 1 Takengon dan SMP 1 Takengon dan pembahasan soal dan tes minat bakat dilaksanakan di Gedung Pendari Takengon.

“Try out ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan FOPMAT dan Insya Allah jika pihak sekolah mau bekerja sama maka dapat mengadakan try out setiap sebulan sekali di setiap sekolahnya,” kata Taksindra Lesmana, ketua panitia kegiatan tersebut.

Dari hasil survey, lanjut mahasiswa Ekonomi Akuntansi Unsyiah ini, hanya 2,7 persen saja mahasiswa Unsyiah yang berasal dari Kabupaten ini.

Dalam pelakasanaan try out dan tes minat bakat, dijelaskan Fopmat yang bekerjasama dengan Bimbingan belajar (Bimbel) SSC dan menurunkan team dari SSC sebanyak 5 orang yang diketuai oleh Iqbal selaku Menejer Oprasional SSC, Iqbal.

“Soal yang kami buat merupakan soal-soal yang dibuat langsung oleh tentor-tentor yang berpengalaman di SSC, dimana soal itu terdiri dari soal jurusan  IPA sebanyak 80 soal sedangkan jurusan IPS 70 soal, dan pembahasan di Gedung pendari kita hanya membatasi pembahasan untuk pelajaran Matematika (IPA/IPS) dan Fisika (IPS),” rinci Iqbal.

Dia menyayangkan keterbatasan waktu, dari pukul 14.30 sampai jam 16.00 Wib. Namun jika nantinya siswa-siswa Takengon ingin mencari informasi tentang Bimbingan Belajar serta pemilihan universitas terbaik dengan jurusan yang diminati boleh sms atau telpon langsung ke pihak SSC di 081360213321 atau melalui jejaring sosial facebook SSC Banda Aceh. (Rahma Umar/Red.03)

.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.