by

Summer International Linguistik dan STAI Gajah Putih Teliti Budaya Gayo

Takengon | Lintas Gayo – Lembaga bahasa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Gajah Putih jalin kerja sama dengan Summer International Linguistik (SIL) sebuah NGO yang bekerjasama dengn UNESCO, UNICEF melakukan penelitian budaya Gayo, khususnya bahasa Gayo.

Direktur Lembaga Bahasa Joni.MN, M.Pd.BI, Selasa (14/2) kepada Lintas Gayo menjelaskan kerjasama tahap pertama telah berakhir 1 Februari 2012 lalu, setelah sebelumnya di mulai sejak 1 Januari 2011. SIL telah memberikan pelatihan penelitian budaya kepada 15 orang dosen dan mahasiswa.

“Dan hasil penelitian tersebut telah diseminarkan dalam seminar internasional di Universita Pendidikan Indonesia (UPI) beberapa bulan lalu. Dari 500 hasil penelitian, penelitian yang dilakukan Lembaga Bahasa STAI Gajah Putih bersama SIL masuk dalam 20 besar hasil penelitian terbaik,” papar Joni.

Melalui seminar tersebut, lanjutnya, Bahasa Gayo resmi  menjadi warisan kekayaan dunia. “Tujuan dari program ini adalah untuk mempertahankan budaya Gayo melalui bahasa yang dimilikinya,” ungkap Joni.

Lebih jauh dijelaskan Joni, Senin (13/02/2012) kemarin sudah dilakukan evaluasi kerjasama tahap pertama dan menghasilkan rekomendasi untuk melanjutkan kerjasama tahap kedua dan akan dimulai April mendatang.

“Kerjasama tahap kedua ini merupakan program lanjutan dan pengembangan dari program tahap pertama berdasarkan rekomendasi dari program tahap pertama,” ujarnya.

Adapun kegiatan lanjutannya meliputi penelitian bahasa Gayo di 2 kabupaten, Bener Meriah dan Gayo Lues dengan objek penelitian cerita atau legenda (kekeberen:red) yang  kemudian akan direkomendasikan untuk mata pelajaran muatan lokal di sekolah.

“Program ini juga akan melakukan penyusunan kamus bahasa Gayo sebagai referensi bagi guru dan bagi orang yang ingin mempelajari bahasa Gayo,” pungkas Joni yang saat ini juga berstatus sebagai mahasiswa program doktor (S3) di Universitas Surakarta.

Pertemuan tersebut juga  dihadiri oleh H. Armia, SE. MM. selaku ketua yayasan Gajah Putih, ketua STAI Drs. Al Misry, Ketua jurusan, dosen dan mahasiswa. (Mailida Sulaiman/Red.03)

.

Comments

comments