by

Satu Gelas Luwak Bisa Hidup Lima Hari di Asia

Takengen | Lintas Gayo – Tahukah anda bahwa satu gelas kopi luwak di Erofa dipatok dengan harga 50 Euro atau sebanding dengan Rp.600.000,-.

Hal ini diungkapkan  Olli Rutaheh, seorang turis asal Negara mantan ketua Aceh Monitoring Mission (AMM) Marthi Ahtiisari, Finlandia. Olli yang menikmati  kopi arabika gayo di Kantin Batas Kota Takengon, Selasa (6/3) mengatakan bahwa  dengan harga luwak seperti itu di Erofa, dia membandingkan bisa hidup selama lima hari di Negara Asia.

Sementara itu, harga kopi luwak di sentra kopi luwak liar terbesar di Asia, Aceh Tengah dan Bener Meriah hanya di bandrol Rp.25 ribu/cangkirnya dengan menggunakan mesin espresso. Olli sempat ragu memesan segelas kopi luwak karena menduga harganya selangit karena merupakan kopi termahal di dunia saat ini.

Setelah dijelaskan pelayan Kantin bahwa kopi luwak di gayo dengan mudah didapatkan penduduk karena kebanyakan kebun kopi rakyat gayo memang berbatasan langsung dengan hutan. Dimana luwak hidup. Barulah Olli berani memesan segelas luwak.

Menurut lelaki lajang yang sedang mengelilingi dunia selama setahun ini, Indonesia dinilainya sangat menarik karena keramahan penduduknya serta pemandangan yang indah.

“I love Indonesia”, ujar Olli menunjukkan rasa sukanya sambil menikmati Caffe latte dan segelas luwak arabika gayo. Dikatakan Olli, penduduk Indonesia khususnya jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan penduduk di Asia pada umumnya.

“Saya pernah hidup di beberapa Negara Asia, Indonesia lebih friendly”, katanya mengucap bahasa Indonesia dengan kamus Indonesia-English ditangannya. Setelah dari Takengon, Olli berencana berkunjung ke Banda Aceh dan sejumlah kota lainnya di Provinsi ini. Selama berada di Aceh, Olli mengaku mendapat sambutan hangat dari penduduk Aceh yang telah mengenal negara Finlandia tempat mantan ketua AMM Aceh , Marthii Ahtisari berasal. “Penduduk menyambut saya dengan senang karena saya berasal dari Finlandia”, ujarnya.

Olli yang pernah mengikuti  acara televise swasta bertajuk A Sing star ini, kembali menyanyikan lagu pavoritnya tersebut, “mau dibawa kemana hubungan ini….”, sambil pamitan. (Win RB)

.

Comments

comments