by

SBY : Piala Dunia Simbol Keberagaman dan Perdamaian

Piala Dunia
Piala Dunia Singgah di Indonesia Selasa, 7 Januari 2013 ( Foto: ist)

Jakarta | Lintas Gayo – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, meskipun Indonesia bukan peserta Piala Dunia, namun ia meyakinkan, setiap tim kesebelasan yang bertanding memiliki pendukung setia dari Indonesia.

“Piala Dunia bukan sekadar kegiatan olahraga, namun lebih dari itu juga sebagai simbol keberagaman dan perdamaian,” kata Presiden SBY saat menerima delegasi FIFA World Cup Trophy Tour 2014 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/1) pagi.

Presiden berharap, kedatangan trofi Piala Dunia mampu membawa berkah dan memberi semangat bagi bangsa Indonesia untuk membangun tim nasional yang kuat. “Suatu hari nanti, Tim Nasional kami dapat turut serta bahkan masuk ke putaran babak final Piala Dunia,” ujar Presiden SBY berharap.

Pada akhir pidatonya Presiden SBY mengatakan bahwa dia sudah memiliki tim favorit yang diunggulkan. Tapi Presiden merahasiakannya, dan hanya memberitahukan pada Dwight Yorke.

Sementara Brand Ambassador of FIFA Dwight Yorke dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Presiden SBY dan seluruh rakyat Indonesia yang telah menyambut hangat kunjungan Tur Trofi Piala Dunia 2014.

Dwight Yorke, mantan striker klub Manchester United, mengatakan sangat terkesan atas antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyambut Trofi asli Piala Dunia. “Saya berharap Piala Dunia 2014 akan membawa kegembiraan bagi rakyat Indonesia. Kami mengharapkan suatu saat nanti sepak bola Indonesia  dapat ikut Piala Dunia,” kata Yorke.

Trofi Piala Dunia tiba di  Bandara Halim Perdanakusumah, Senin (6/1) dan akan diperlihatkan kepada  Presiden SBY di Istana Negara sebelum dipajang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Rabu, 8 Januari 2014.

Dwight Yorke kemudian memberi kesempatan kepada Presiden SBY untuk memegang trofi Piala Dunia. Ia menyebutkan, Trofi Piala Dunia hanya boleh dipegang oleh Presiden/Kepala Negara dan tim pemenang.

Pada kesempatan ini, sejumlah hadirin, termasuk para wartawan antre untuk bergantian foto bersama trofi.

Tampak hadir dalam kesempatan ini, Mensesng Sudi Silalahi, Menpora Roy Suryo, Ketua Umum PSSI La Nyala Mattalata, dan dua pemain Timnas Indonesia Andritany Ardhiyasa dan Ramdani Lestaluhu.

FIFA mempersilahkan masyarakat Indonesia untuk melihat dan berfoto dengan Trofi Piala Dunia, mulai pukul 09.00 sampai 20.30. Masyarakat juga dapat menikmati  hologram animasi khusus menampilkan momen kenangan dari Piala Dunia FIFA, berpartisipasi dalam display yang interaktif dan menikmati hiburan lainnya.

The 2013/2014 Trophy Tour akan mengunjungi 88 negara selama durasi 267-hari. The Trophy Tour akan memulai perjalanannya di Rio de Janeiro pada 12 September 2013. Berangkat dari Kristus yang terkenal patung Penebus, Piala Dunia FIFA Trophy akan melakukan perjalanan keliling dunia selama sembilan bulan sebelum kembali ke negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2014 Brasil. (Setkab)

Comments

comments