by

Lipga Beri Pelatihan Kepemimpinan di Sekolah se-Takengon

Takengen | Lintas Gayo : Walau sudah memasuki hari ke lima kegiatan pelatihan kepemimpinan disekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Tengah yang diselenggarakan Lembaga Swadaya  Masyarakat (LSM) LIPGA Takengon. Sejumlah trainer yang diturunkan LSM ini masih tampak bersemangat memberikan sejumlah materi dihadapan para siswa di sekolah yang dikunjungi.

Hari ini, Senin (9/5/2011), mereka menyambangi dua sekolah di Takengon, yakni  SMPN 1 dan  MTSN 1 dalam waktu yang bersamaan. Puluhan siswa hadir dalam kegiatan tersebut.

Menurut salah seorang panitia acara tersebut di SMPN 1 Takengon, Vini, menyatakan antusiasme para siswa cukup positif, ia sendiri tertarik menjadi anggota LSM Lipga karena kegiatannya yang cenderung bersifat sosial dan pendidikan.

“Pelatihan ini mengajarkan para siswa untuk berani mengemukakan pendapat,” kata Vini  bersemangat saat ditanya pendapatnya terkait kegiatan tersebut.

Agak berbeda dengan di SMP yang berdekatan dengan Masjid Agung Ruhama Takengon, di MTSN 1 suasana kegiatan lebih hidup dan dihadiri sekitar 70 orang siswa.

Kepada puluhan siswa Madrasah ini,  Surya, trainer dari Lipga yang kelihatannya cukup faham cara menghadapi anak-anak memaparkan panjang lebar tentang sejumlah kendala dalam berorganisasi.

Saat para siswa tersebut terlihat mulai jenuh dan suasana kelas yang riuh, trainer ini segera merubah pola penyampaian materinya dengan mengadakan silmulasi tentang ketepatan menyelesaikan masalah. Para siswa berlomba mengacungkan tangan untuk menebak jawaban dari simulasi yang berbentuk game atau permainan tersebut.

Seorang guru yang diminta pendapatnya, Mursyida, guru agama di Madrasah tersebut, menyatakan kegiatan seperti ini sangat positif karena dapat lebih mengembangkan wawasan para murid tentang berorganisasi. Kegiatan yang digawangi oleh OSIS MTSN 1 sendiri masih sangat kurang.

Hal ini menurutnya karena MTSN 1 tidak memiliki Pembina OSIS secara khusus. Mursyida berharap agar apa yang diberikan pada pelatihan ini dapat diterapkan sehingga kedepannya OSIS MTsN 1 semakin piawai dalam mengemban tugas pendidikan.

Sementara menurut keterangan Ketua LSM tersebut, Gusti, secara terpisah menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan lembaganya yang sudah berjalan selama lima hari belakangan ini disejumlah sekolah di kota Takengon baik tingkat SMP maupun SMA. “Kegiatan yang bertemakan Semiloka Visioner Calon Pemimpin di Sekolah ini kami gelar selama 13 hari berturut-turut,” kata Gusti yang juga sebagai pengurus teras di salah satu organisasi Islam di Aceh Tengah ini. (yy)

Comments

comments