by

Saman Tampil Di Konfrensi AA, Jokowi Tersenyum

Jakarta| Lintas Gayo– Team Tari Saman binaan Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues pukau penonton di acara Gala Diner Konfrensi Asia-Afrika di Istana Negara, Kamis (23/04/2015).

Tepuk tangan tanda aplaus dari para pemimpin negara tersebut memberi arti tersendiri bagi team tari saman Gayo Lues. “Kepala Negara Republik Indonesia, Jokowi dan Ibu Negara juga ikut tersenyum melihat penampilan penari saman”, ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues, Syafruddin S.Sos dari Jakarta.

Dikatakan, dari beberapa acara yang disuguhkan oleh panitia, Team Tari Saman ditampilkan pada puncak acara setelah penampilan Team tari Mefrika dari Sulawesi dan team penari Mambri dari Irian.

Selain itu, panitia pelaksana Konfrensi Asia-Afrika juga menyuguhkan beberapa artis nasional seperti group Elfa Singer, Sundari Sukoco dan penelur album internasional Why Dont We 2008, Sandhy Sandoro. “Dari sekian banyak penampilan artis dan penari, hanya penari saman Gayo Lues yang menerima aplaus”, demikian Syafruddin.

Perlu diketahui, Tari Saman merupakan seni tari unik kebanggaan masyarakat Gayo Lues yang benuansa syiar Islam yang bersifat energik dan heroik, bahkan telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Unesco beberapa waktu lalu. (Malik Linge Gayo/Insertgalus.com)

Comments

comments