by

Ngopi pagi ala FISIP UIN Ar Raniry Banda Aceh

Banda Aceh | Lintas Gayo – Brown Bag Series atau Meudrah merupakan lembaga diskusi mingguan yang dilaksanakan setiap 2x dalam satu bulan sebagai wadah  sharing informasi dan mediasi terhadap perkembangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Forum ini bersifat internal  bagi civitas akademis FISIP dengan memfasilitasi proses diskusi terkait rancangan penelitian, hasil penelitian dan penentuan kerangka dalam penulisan jurnal yang dikemas dalam bentuk coffe morning dengan durasi waktu dimulai dari jam 08.30  Wib sampai 9.30 Wib diruang dosen FISIP.

Brown Bag Series juga difungsikan sebagai pusat share informasi terhadap isu-isu yang dianggap penting dari pihak atasan guna sebagai wujud perkembangan dan kemajuan dosen dan fakultas, dan memfasilitasi rekan-rekan forum untuk menjadi moderator atau pemateri dan tidak menutup untuk adanya pemateri dari luar.

 “Meudrah” pertama dilaksanakan bulan lalu dengan pematerinya Dr. Saiful Mahdi, M.Sc berbagi konsep Fakultas berbasis penelitian. Ada kebutuhan universtas terlibat aktif melakukan penelitian yang dapat mendapatkan hasil riset yang dapat mencerhakan. Secara garis besar, Saiful menekankan bagaimana proses ketidaktahuan (igorance) dapat dengan mudah berubah menjadi ketakutan (fear) dan menjadi kekerasan (violence).

“Menurut Saiful, ketidaktahuan harus dihindari dengan proses belajar, sebab hanya dengan pengetahuan seseorang dapat melihat kebenaran, setelah melihat kebenaran seorang manusia akan merdeka. Hanya seseorang yang merdeka yang dapat melakukan penelitian yang baik”.

“Meudrah” kedua yaitu Hari ini Kamis (21/04/2016), Dr. Saifullah Muhammad dari CCIS (Center for Creative Industry of Syiah Kuala University), menyampaikan materi Knowledge-Based Enterprenuership for Academics to Face MEA. Terkait pentingnya keterlibatan universitas dalam melakukan pendampingan usaha kecil dan melakukan inovasi ekonomi kreatif.

Forum Meudrah ini di launching oleh Prof. Dr. H. M. Nasir Budiman. MA Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan dimaksudkan sebagai acara ngopi pagi  santai semua civitas akademis yang digunakan sebagai forum kajian ringan, presentasi proposal penelitian, dan presentasi hasil penelitian yang dihadiri oleh civitas akademika dan mahasiswa FISIP UIN Arraniry. Selain itu, “Meudrah” ini juga terbuka untuk umum untuk berbagi ilmu.(Juhra)

Comments

comments

News