by

Di Tamiang Hulu, Batu Penyambung Hidup

Tamiang Hulu | Lintas Gayo : Salah satu profesi masyarakat desa Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang adalah mencari batu koral di aliran sungai. Batu-batu tersebut dikumpulkan ke pinggiran sungai hingga datangnya pembeli .

Diar (25) salah satu pencari batu di kecamatan yang 40 persen penduduknya bersuku Gayo tersebut (31/5) menjelaskan jika dia mencari batu dari pagi sampai sore. ”Saya mampu mencari batu hingga satu truk atau 3,5 kubik dan dihargai Rp.40 ribu perkubiknya,” kata Diar.

Namun akhir-akhir ini akibat minimnya batu karena  setiap hari di ambil berakbibat  semakin sedikit jumlah batu yang diperoleh. Selain kendala tersebut kendala lainya adalah air pasang saat meningkatnya curah hujan sehingga menyulitkan Diar dan pencari batu lainnya saat mengumpulkan batu.

Amatan Lintas Gayo, peralatan mencari batu mereka terbilang sederhana yakni  ban dalam (inner tube) mobil yang telah di rajut dengan tali tambang sebagai penahan dan pengangkut batu saat dibawa ketepi sungai. (udin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.