by

Titik Rawan Pilkada Aceh Tengah Diantisifasi

Takengen| Lintas Gayo-  Beberapa titik rawan dalam pelaksanan Pilkada di Aceh Tengah, sudah diantisipasi aparat kepolisian. Di Aceh Tengah ada 114 TPS yang masuk katagori titik rawan 1 dan ada 44 TPS masuk dalam katagori titik rawan 2.

Hal itu disampaikan Kompol Benny, yang menyampaikan materi mewakili Kapolres Aceh Tengah ketika dilangsungkan sosialisasi tatap muka dengan stakeholder dan masyarakat Aceh Tengah, yang diselenggarakan Panwaslih, Kamis (2/2/2017) di Hotel Penemas Takengen.

Menurut Kapolres, pemetaan TPS itu dan dimasukkan dalam titik rawan, bukan berarti di TPS itu akan terjadi bencana besar. Jangan salah tafsir dan menimbulkan keresahan. Sebut Benny yang diberikan kesempatan saat memeparkan materi.

Rawan di sini pengertianya, bukan hanya karena persoalan tofograpi lokasi TPS. Misalnya lokasinya jauh, masih sulit dijangkau dengan kenderaan roda empat, hanya mempergunakan kenderaan roda dua.  Jumlah pemilih minim dan tidak terjangkau sinyal, (blank spot), sehingga sulitnya mendapatkan informasi dalam waktu cepat.

Untuk itu pihak kepolisian sudah menggantisipasi keadaan itu dengan menerjunka personil polisi untuk mengamankan lokasi TPS tersebut. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan aparat TNI dan Linmas dalam menyukseskan pelaksaan Pilkada ini.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Panwaslih ini, menurut Hamidah, ketua Panwaslih Aceh Tengah, selain materi disampaikan dari Panwaslih Aceh, pihak Kajari Takengen, juga Kepolisian, diikuti oleh para reje kampung, BEM, HMI, GMNI, serta beberapa organisasi lainya.

Pada kesempatan itu, Benny yang mewakili Kapolres Aceh Tengah, juga menyampaikan mengapa pihaknya tidak menurunkan personil keamanan yang banyak saat dilaksanakan kampanye, mengapa lebih banyak saat berlangsungnya Pilkada dan penghitungan suara.

“Kalau kampanye itu yang datang mayoritas masa dari peserta kampanye, artinya relatif aman. Sementara saat Pilkada dan perhitungan suara, seluruh pasangan para pendukungnya di sana, untuk menghindari hal hal yang negative, maka keamanan lebih banyak saat pelaksanaan Pilkada dan perhitungan suara,” sebut Kompol Benn.

Aceh Tengah memiliki 466 TPS. Dari 212.344 jiwa penduduknya, tercatat 132. 590 dinyatakan punya hak sebagai pemilih dalam Pilkada ini. ( LG 01/ Abdullah)

Comments

comments

News