by

1 Syawal 1432 H Ditetapkan Rabu, 31 Agustus 2011

Jakarta | Lintas Gayo : Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 31 Agustus 2011 mendatang. kepastian ini diperoleh setelah digelarnya sidang Itsbat yang disiarkan salah satu televisi swasta nasional di Jakarta, Senin (29/8) malam.

Dalam sidang Itsbat yang dihadiri sejumlah tokoh mewakili organisasi Islam seperti Muhammadiyah dan Nadhlatul Ulama (NU) serta dari kalangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteri Agama Suryadharma Ali yang memimpin sidang tersebut akhirnya memutuskan 1 Syawal 1432 Hijriah ditetapkan pada Rabu, 31 Agustus 2011 setelah mendengar pendapat atau pandangan dari sejumlah tokoh yang hadir tersebut.

Untuk Muhammadiyah, diungkapkan Menteri ini, sudah meminta izin untuk melaksanakan shalat ‘idul fithri pada Selasa, 30 Agustus 2011. Dia juga berharap atas perbedaan tersebut tidak perlu diperdebatkan demi menjaga ukhuwah islam.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Lintas Gayo di Kabupaten Aceh Tengah khususnya diseputaran kecamatan Pegasing, sejumlah masjid dan mersah seperti di Simpang Kelaping, Kung dan Kayu Kul masih melakukan shalat tarawih walau telah mempersiapkan tempat penyelanggaraan shalat ‘id. (Win Mutuah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.