by

Udin GeRAK Dukung ‘Inilah Gayo 2’

Takengon | Lintas Gayo : Sejumlah tokoh seni, budaya dan politik dikabarkan akan menghadiri hari pertama 4 September 2011 ajang “Inilah Gayo 2” yang diisi dengan pementasan seni budaya Gayo, orasi bertemakan motivasi Inilah Gayo serta pameran foto sejumlah temuan benda peninggalan budaya pra sejarah di pinggiran danau Lut Tawar.

Informasi yang diperoleh Lintas Gayo, Sabtu (27/8), Salman Yoga dipastikan akan ikut serta membacakan puisi-puisinya. Salman adalah satu budayawan Aceh yang diundang pada pertemuan penyair berlevel internasional di Palembang beberapa waktu lalu.

Selain itu, juga dipastikan akan hadir anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) daerah pemilihan (Dapil) IV Aceh, Ilham Ilyas Leube yang kini membidangi seni budaya di lembaga perwaakilan rakyat tersebut. Ilham akan menyampaikan orasi singkat terkait program pembangunan seni budaya untuk dataran tinggi Gayo.

“Mudah-mudahan tidak ada aral melintang, saya hadir ketempat tersebut dan sesuai permintaan panitia, saya akan memberikan sambutan bernuansa pembangunan seni budaya di acara tersebut,” kata Ilham yang ditemui disela-sela buka puasa bersama pasangan bakal calon bupati Aceh Tengah Iklil/M Ridwan di Takengon, Sabtu (27/8) malam.

Menariknya lagi, selain pementasan seni dan orasi, juga hadir sosok aktivis gerakan anti korupsi berlevel nasional, Koordinator GeRAK untuk 19 provinsi di Indonesia, Akhiruddin atau dikenal dengan pangilan Udin GeRAK. Dia hadir di Takengon dengan sisi lainnya selaku bagian dari warga Tanoh Gayo, berlebaran bersama keluarga istrinya yang merupakan warga Takengon.

“Saya akan datang kelokasi tersebut, sekalian menjajaki kemungkinan penyelenggaraan even pemuda berupa olahraga yang berlevel nasional di Takengon,” ujar Udin didampingi Koordinator I LSM Jang-Ko, Hamdani. Dia mengaku punya link khusus dengan pihak kementrian terkait di Jakarta.

Sementara untuk kalangan pemerintah, Ketua panitia, Ozi Opc secara terpisah mengaku juga akan diundang. “Kita sedang persiapkan undangan kepada dua bupati, Aceh Tengah dan Bener Meriah serta sejumlah tokoh publik lainnya,” ujar Ozi.

Tokoh lainnya yang hadir mendukung acara diantara LK Ara, Fikar W Eda, Jauhari Samalanga, Uan Daudy, Ikmal Bruce Gopi serta penampilan sejumlah grup seni tradisional dan modern seperti grup band Zombietnica, Ciqita, Beby Steven Sound, Serrend Band dan lain-lain.

Seperti yang diberitakan Lintas Gayo sebelumnya, acara yang digagas sejumlah fotografer yang tergabung di Gayo Fotografer Club (GFC) bekerja sama dengan situs berita Lintas Gayo dengan dukungan sejumlah pihak tersebut akan digelar sejak 4 hingga 11 September dengan sejumlah agenda acara dengan mengambil tempat di Loyang Mendale Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah, lokasi penemuan sejumlah benda pra sejarah oleh Balai Arkeologi (Balar) Medan beberapa waktu lalu. (Khalis).

Comments

comments