by

Kepala Pusat Bahasa Apresiasi Kehadiran Buku Ekolinguistik

 

Jakarta | Lintas Gayo – Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Pusat Bahasa) Kementerian Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Mahsun, mengapresiasi kehadiran buku Ekolinguistik karya putra Gayo,Yusradi Usman al-Gayoni.

Prof. Mahsun mendorong akademisi asal Takengon, Aceh ini agar terus menulis. Lebih khusus lagi, soal Ekoliguistik. “Jarang-jarang akademisi yang punya kemampuan menulis,” kata peneliti Genolinguistik (melihat persebaran bahasa dari gen manusia) ini beberapa waktu lalu di Rawamangun, Jakarta Timur.

Senada dengan Prof. Dr. Mahsun, apresiasi serupa diberikan pula Dr. F.X. Rahyono, M.Hum, Ketua Departemen Linguistik Universitas Indonesia (UI). “Masih terbatas sekali yang mengkaji bidang ini (Ekolinguistik) di Indonesia,” katanya. Disamping itu, Abdul Rachman Patji, peneliti Kemasyarakatan dan Kebudayaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengucapkan terima kasih setelah menerima buku Ekolinguistik dari dosen STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah tersebut.

Buku Pertama di Indonesia

Secara terpisah, Irham Hanif, Anggota Tim ISBN/Katalog Dalam Terbitan Perpustakaan Nasional RI, mengungkapkan bahwa buku yang mengkaji tautan ekologi dengan linguistik ini merupakan yang pertama di Indonesia. “Sebelumnya, ada soal Psikolinguistik dan cabang linguistik yang lain,” ujarnya.

Ditanya soal motivasi penulisan buku tersebut, Yusradi, menuturkan, ingin berkontribusi langsung terhadap pengembangan kajian ini. Khususnya, di Indonesia. Apalagi, literatur-literatur tentang Ekolinguistik masih sangat terbatas.

“Buku ini bermula dari tulisan di blog “Mengenal Ekolinguistik” dengan referensi yang lengkap. Ternyata, tulisan ini banyak yang baca. Kemudian, ada pula yang mengutipnya di jurnal dan tugas akhir mahasiswa. Sayangnya, ada yang tidak menyebutkan sumbernya,” akunya agak kecewa. (LG006)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.