by

DETaK Unsyiah Gelar Lomba Menulis Opini dan Surat untuk Rektor

Banda Aceh | Lintas Gayo – Dalam rangka memperingati milad yang ke-17 sekaligus memperingati tujuh tahun MoU Helsinki, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK Unsyiah mengadakan sayembara menulis opini dan menulis surat untuk Rektor Unsyiah.

Ketua panitia lomba, Cut Lusi Khairun Nisak mengatakan, lomba opini ini terbuka untuk umum, namun lomba menulis surat untuk rektor hanya dibuka untuk mahasiswa Unsyiah saja. Lomba ini dibuat karena melihat berbagai permasalahan yang terjadi belakangan ini, bisa merusak perdamaian yang telah diraih dengan susah payah.

Maka UKM Pers DETaK sebagai salah satu media mahasiswa yang masih eksis hingga saat ini di Unsyiah, merasa perlu melakukan dan monsosialisasikan perdamaian di Bumi “Serambi Mekkah”

Sementara itu, Pimpinan Umum UKM Pers DETaK Unsyiah Sulistiono mengatakan, acara ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan rasa tanggung jawab bersama akan pentingnya menjaga perdamaian serta meningkatkan kepedulian dan partisipasi generasi muda dalam menjaga perdamaian.

Ia juga berharap, dengan diadakannya lomba menulis ini, bisa memacu dan melahirkan kader-kader penulis muda yang bisa mensosialisasikan dan menjaga perdamian dengan tulisan-tulisannya, serta mengingatkan masyarakat untuk sadar dan punya rasa tanggung jawab dalam menjaga perdamaian.

“Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di www.detak-unsyiah.com,” ujar Sulis sembari menambahkan Karya terbaik akan dipublikasikan di web DETaK.

Dijelaskannya, pendaftaran dimulai sejak 1 hingga 30 Agustus 2012, penjurian akan dilakukan 1 – 7 September 2012 dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 10 September 2012 serta penyarahan hadiah akan dilakukan bersamaan dengan perayaan milad DETaK ke 17  pada 15 September 2012.

Adapun syarat dan ketentuan lomba:

1.      Tema menulis opini : 7 Tahun Pasca MoU Helsinki

2.      Tema menulis surat untuk rektor: bebas

3.      Lomba menulis opini terbuka untuk umum

1.      Khusus menulis surat untuk rektor, peserta hanya mahasiswa/i Universitas Syiah Kuala dibuktikan dengan melampirkan KTM atau slip SPP

2.      Mengisi formulir pendaftaran, dapat didownload di www.detak-unsyiah.com

3.      Membayar biaya pendaftaran Rp.10.000, disertakan dalam amplop saat pengiriman

4.      Melampirkan biodata lengkap penulis

5.      Tulisan merupakan hasil karya sendiri, belum pernah dipublikasikan atau dilombakan

6.      Karya tidak mengandung unsur SARA

7.      Panjang tulisan 1000 -1500 kata dan diketik dengan font: Times New Roman, ukuran: 12, dan spaci 1,5

8.      Karya yang telah dikirim menjadi hak milik UKM Pers DETaK Unsyiah

9.      Tulisan dikirim dalam bentuk soft copy ke email: redaksi@detak-unsyiah.com dan print out melalui pos atau diantar langsung ke sekretariat Gedung Gelangang Mahasiswa Unsyiah, Lantai 2 Ruang 02.01, Darussalam, Banda Aceh, 23111, lengkap dengan formulir yang telah diisi

10.  Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.(SP/red.04)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.