by

[essay foto] Berwisata Alam dan Agro di “Sekeping Tanah Surga”

tanaman kopi rakyat dengan berlatarbelakang danau laut tawar
tanaman kopi rakyat dengan berlatarbelakang danau laut tawar

ACEH TENGAH merupakan daerah yang kaya akan potensi alam dan pertanian. Tak dipungkiri lagi, daerah yang memiliki alam nan subur ini layak menjadi salah satu daerah kunjungan wisata di Aceh bahkan Indonesia.

Jika anda berkunjung ke Aceh, dan menggandrungi wisata petualangan alam, maka Aceh Tengah salah satu daerah yang “wajib” di kunjungi. Melakukan wisata alam dan petualangan, rasanya tidak sah, jika tidak menjelajahi hamparan bumi “sekeping tanah surga” ini.

biji kopi yang berjejer didahannya
biji kopi yang berjejer didahannya

Ada dua rekomendasi kuat jika anda berkunjung ke Aceh Tengah. Pertama menikmati wisata alam di Danau Laut Tawar. Selain menikmati keindahan danau ini, anda bisa merasakan wisata prasejarah dan sejarah yang pernah tertoreh di daerah yang berhawa sejuk tersebut.

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Disisi barat danau ini terdapat sebuah kota kabupaten yaitu kota Takengon, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter).

Biji kopi siap panen
Biji kopi siap panen

Berdasarkan catatan yang tertera di wikipedia.org, ada 25 aliran krueng yang bermuara ke Danau Laut Tawar dengan total debit air kira-kira 10.043 liter per detik. Rata-rata kedalaman danau pada jarak 35 meter dari pinggir danau dengan kedalaman, 8,9 meter, 100 meter dari pinggir danau (19,27 meter) dan 620 meter dari pinggir danau (51,13 meter)

Jika anda sudah puas dengan berkunjung mengeliling Danau Laut Tawar ini, tak salahnya jika anda mencoba menjajaki wisataagro dengan menelusuri perkebunan kopi rakyat yang tersebar hampir merata diseluruh daerah ini.

Senyum kebahagiaan dua anak Gayo saat penen kopi
Senyum kebahagiaan dua anak Gayo saat penen kopi

Ini tentunya sangat mengasikan, sebab sebagian besar masyarakat Kabupaten Aceh Tengah berprofesi sebagai petani dan pekebun. Kabupaten Aceh Tengah menghasilkan salah satu jenis kopi Arabika terbaik di dunia. Komoditas penting selain kopi adalah padi, sayur dan tembakau. Kegiatan perkebunan kopi dan tembakau dilakukan dengan membuka wilayah hutan yang ada di wilayah ini.

di Kabupaten Aceh Tengah tercatat luas areal tanaman kopi adalah 48.000 hektar yang dibudidayakan pada lahan di ketinggian antara 900 sampai 1.700 meter dari permukaan laut. Di areal perkebunan rakyat inilah anda bisa merasakan bagaimana sensasi bertani kopi.

tunggu apalagi. Pastikan langkah anda ke Aceh Tengah. Masyarakatnya yang ramah-tamah dan bersahabat, pasti menyabutnya dengan senyuman.(Narasi: Aman Zaiza/foto:Munawardi)

Comments

comments