by

Madrasah Negeri 3 Bener Meriah Tempat Menempa Ummat

Takengon|lintasgayo.com– Madrasah Aliyah  adalah sekolah untuk menempa ummat yang kelak diharapkan menjadi penegak agama dan bangsa.  Bisa jadi Madrasah mengemas kegiatanya nyaris sama dengan pesantren, tidak terlalu jauh berbeda.

Sistem pembelajaranya hamper sama, mulai dari Al Quran, kitabnya, metode inilah yang digunakan Madrasah Aliyan  Negeri 3 Bener Meriah. Madrasah ini berada di Lampahan Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah.

Menurut Suprapto SAg, kepala Madrasah, sekolah ini sudah berdiri cukup lama. Awalnya berbasis swasta, namun karena dilihat dari perkembangannya yang cukup pesat, sekolah ini dialihkan ke sistem negeri atau berada di bawah kekuasaan Kemenag.

“Dulunya Madrasah Aliyah Negeri 3 Bener Meriah ini berlokasi di dekat masjid Nurul iman Lampahan. Namun karena sudah beralih ke sistem Madrasah negeri lokasinya dicari tempat yang sangat strategis,” sebutnya Senin, (16/08/2021).

Menurutnya, area madrasah ini terbilang luas mencapai 1 hektar. Banyak prestasi yang sudah diraih oleh sekolah. Bukan hanya muridnya mengukir prestasi, namun kegigihan guru telah mengubah madrsah ini meraih prestasi, sebutnya.

“Atas izin Allah MAN 3 Bener Meriah telah meraih kurang lebih 70 piala baik tingkat kecamatan, kabupaten bahkan provinsi, sebut Suprapto yang didampingi Rudi, guru bidang kesiswaan dalam keteranganya.

“Banyak fasilitas yang sudah tersedia mulai dari ruang lab, ruang kelas, lapangan olahraga, perpustakaan,dan ruang keterampilan. Walau telah memiliki sejumlah fasilitas, direncanakan akan ada penambahan fasiltas seperti  mushalla, ruang kelas,kantin sehat dan koperasi,” sebut Suprapto.

Madrasah menjadi diminati dan disukai masyarakat, disamping guru yang mendidiknya memiliki komptensi, juga para muridnya meraih sejumlah prestasi. Kegiatan ektsra kulikuler juga banyak diadakan, serta kegiatan harian.Ada latihan keterampilan dan sejumlah kegiatan lainya.

Menurut Suprapto, madrasah ini saat ini sudah memiliki 250 siswa dengan 48 tenaga pengajar dan staf. Bagi orang tua yang menyekolahkan anaknya di madrasah ini berharap, sekolah tersebut dapat menempa anaknya menjadi kepribadian yang baik dalam kehidupan sehari hari, seperti anak pesantren pada umumnya, berguna bagi nusa dan bangsa.  **** ( Silfia Rizki Ramadhani, siswa MAN 3 Bener Meriah)

 

Comments

comments