by

Turun Langsung, Kapolres Bener Meriah Dampingi Disabilitas Saat Pembuatan SIM D

Kapolres Bener Meriah saat mendampingi penyandang disabilitas

Redelong- Kapolres Bener Meriah AKBP Agung Surya Prabowo, S.I.K dampingi disabilitas saat pembuatan SIM (surat izin mengemudi) D bagi kaum disabilitas. Pembuatan SIM tersebut dilaksanakan pada hari Senin, (30/8/21) di lingkungan Polres Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa penyandang disabilitas dari beberapa Kampung di Kabupaten Bener Meriah.

“Mereka tetap melalui tes praktik seperti umumnya. Bedanya, motor yang mereka gunakan dimodifikasi khusus beroda tiga. Ucap Kapolres.

Kapolres berharap, dengan kemudahan pembuatan SIM D yang diberikan, mereka dapat lebih mudah melakukan aktivitas berkendara dan menjadi pelopor keselamatan tidak hanya bagi sesama penyandang disabilitas, tapi dapat juga menjadi contoh bagi pengendara non disabilitas.

Salah satu yang mendapat dampingan adalah Nujul Indra (42), warga kampung Tunyang yang memiliki keterbatasan pisik namun tetap semangat untuk beraktivitas seperti masyarakat pada umumnya. Nujul mendapatkan kemudahan dalam pembuatan SIM D, yaitu mendapatkan pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas

“Di Polres Bener Meriah, kami menambah layanan khusus untuk saudara kita difabel yang pernah mengalami kecelakaan lalulintas, kecelakaan kerja ataupun bawaan sejak lahir,” ungkap Agung.

Agung juga menjelaskan, dalam membuat SIM D, para difabel tetap menjalankan uji praktek dan tulis seperti biasa. Namun, ada perlakuan khusus saat praktek mengendarai sepeda motor dilaksanakan.

“Kita mengedepankan sisi kemanusiaan kepada kaum difabel guna memberikan hak-haknya agar terwujud rasa optimisme dan percaya diri yang besar” , tutupnya. ( Syah Antoni / Ihfa ).

Comments

comments