by

SIWO PWI Aceh Gelar Lomba Foto Olahraga

Banda Aceh | Lintas Gayo – Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) ke 66, Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Aceh menggelar lomba foto olahraga bagi kalangan wartawan se Aceh. Lomba ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp.10 Juta.

Lomba Foto Olahraga SIWO PWI Aceh 2011 merupakan bagian dari upaya PWI Aceh untuk mampu mengangkat dunia olahraga Aceh, baik dari segi pembinaan, hingga prestasi. Ini bukan hal yang tak mungkin, karena foto menjadi salah media paling efektif untuk ‘menampilkan sesuatu’ dari sisi yang lain.

“Objek foto yang diperlombakan berada dalam kawasan Aceh yang menggambarkan berbagai kegiatan olahraga di Aceh yang diabadikan sepanjang tahun 2011 lalu hingga pertengahan April 2012,” ujar Sekretaris Siwo Aceh M Arief Rahman pada Lintas Gayo, Jumat (13/1).

Dikatakan, syarat untuk ikut perlombaan antara lain, peserta lomba adalah Jurnalis/wartawan yang bertugas di seluruh wilayah  Aceh, Warga Negara Indonesia (WNI) dengan melampirkan fotokopi kartu pers.

Pemotretan dilakukan dengan kamera digital tanpa dibatasi jenisnya. Setiap peserta dapat menyerahkan maksimal 3 foto digital dalam bentuk file berformat JPEG dengan resolusi minimal 300dpi (high-resolution). Peserta wajib menyertakan file aslinya dalam bentuk RAW/TIF atupun JPEG.  Foto diserahkan dalam bentuk CD dengan menyertakan hasil cetakan foto masing-masing ukuran 8R long (20×30 cm).

“Foto harus sesuai dengan norma-norma dan peraturan yang berlaku di masyarakat. Foto tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, sadisme, dan sarkasme,” jelas Arief sambil menambahkan foto yang dikirim pernah dipublikasikan atau belum pernah dipublikasi di medua serta belum pernah menang dalam perlombaan atau kompetisi apapun.

Setiap peserta wajib menuliskan judul foto beserta deskripsi foto (tidak lebih dari 50 kata), lokasi pemotretan, nama lengkap, fotocopy kartu pers, alamat e-mail & nomor HP yang dapat dihubungi pada selembar kertas dan ditempelkan di bagian belakang setiap cetakan foto.

Karya foto (cetak 8R long & CD) diterima panitia dalam amplop tertutup setiap hari kerja hingga  15 Januari 2012, setiap hari kerja mulai pukul 09.00-17.00 WIB dengan alamat Sekretariat Panitia Lomba Foto Olahraga Kantor PWI Aceh Jalan T Angkasah Simpang Lima, Banda Aceh.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 26 Februari 2012, pada malam puncak HPN ke 66 PWI Aceh di Gedung Anjong Monmata Banda Aceh. Panitia akan menghubungi/mengundang peserta yang masuk nominasi lomba.

Dalam lomba ini, Siwo PWI Aceh menghadirkan dewan juri dari kalangan professional dan internal PWI Aceh yakni Imran Joni (Ketua Siwo PWI Aceh),  Iranda Novandi (Ketua Pewarta Foto Aceh/PFA serta  Tarmizi Harva Fotografer Rauters.

Sementara itu, Imran Joni selaku Ketua Siwo PWI Aceh yang juga ketua Dewan Juri menambahkan, ketentuan teknis yang harus dipathui setiap peserta lomba diantaranya, olah digital yang diperbolehkan hanya sebatas edit minor (contrast, croping, dodging, level, curve, noise reduction/dust removing). Tidak diperkenankan mencantumkan unsur non-fotografis pada foto, misalnya tanda tangan, digital frame, dan atau gambar dalam bentuk apapun.

“Manipulasi foto seperti penggabungan (montase) tidak diperkenankan dan data exif harus tetap terjaga/tidak ada pengubahan data-data vital pada foto,” tegas Imran Joni. (a.ZaiZa)

.

Comments

comments