by

KIP Sosialisasi Pilkada Lewat Video Drama

Banda Aceh | Lintas Gayo – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memproduksi sebuah drama Sosialisasi Pemilukada Aceh yang akan disebarkan kepada pemilih diseluruh Aceh.  Hal tersebut dipaparkan oleh pihak KIP Aceh pada Pertemuan Koordianasi Antar Pemangku Kepentingan tentang Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilukada 2012, di Hermes Palace, Senin (12/3).

Video drama sosialisasi Pemilukada Aceh yang hampir rampung pembuatannya ini  merupakan program pendidikan Pemilih dari KIP Aceh pada pemilukada Aceh 2012.

Muhammad Aulia Staff Program International Foundation For Electoral System (IFES) mengatakan bahwa IFES mendukung secara penuh program pendidikan pemilih KIP pada Pemilukada 2012 dan salah satunya adalah pembuatan video drama yang diproduksi oleh KIP.

Aulia menambahkan, ada enam pertimbangan untuk menjadi  substansi  dan konten video drama tersebut, yaitu: Simulasi pemilihan di tempat pemungutan suara,

Mempromosikan Pemilukada yang damai dan demokratis, Memilih pemimpin yang jujur, adil, dan amanah, Mengutuk kegiatan politik uang (money politic), Menolak  unsur kekerasan dalam memeriahkan pesta demokrasi, Bagaimana menjadi pemilih cerdas. Video drama ini diharapkan tanggal 17 Maret 2012 sudah diserahkan.

Pemutaran video drama  ini diharapkan masyarakat mendapat pendidikan dan pemahaman tentang bagaimana mendukung pemilukada damai, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan hendaknya dapat dikurangi bahkan tidak terjadi sama sekali pada pemilu tahun ini ucap Ardian Alhadath selaku koordinator Program IFES.

Bahkan lanjut Ardian  lagi, KIP dan Panwaslu  agar menyerukan kepada pihak keamanan agar meningkatkan pengamanan pada malam menjelang pencoblosan.  Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya serangan fajar, waktu-waktu yang seperti ini kerap dimanfaatkan oleh timses untuk mempengaruhi masyarakat agar mendukung calon yang diusung oleh mereka.

Selain Video drama, Sosialisasi Pemilukada damai juga dilakukan dalam bentuk training of trainer,  memberikan pendidikan pemilih untuk para pemula dan orang tua, dan tata cara penceblosan yang diselenggarakan oleh Forum LSM .

Dipihak lain, International Republican Institute  (IRI) juga ambil peran disamping mengadakan pelatihan untuk para saksi pasangan calon juga memberikan pemahaman ini lewat buku yang sudah didistribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota.  LSM Beujroh juga ikut melakukan sosialisasi dengan  fokus kepada kaum perempuan untuk mensosilisasikan tentang Pemilukada damai.

Abu Yus salu satu unsur KIP  mengatakan segala bentuk intimidasi, kekerasan, money politic hendaknya dapat digambarkan didalam simulasi Video drama ini agar masyarakat dapat mengerti dan waspada.  Mudah-mudahan dengan video ini dapat menciptakan pemilu damai, aman, demokratis, dan adil. (SP/z ghassani)

Comments

comments