by

Produser Kopi Gayo Ikut Pameran Kopi Terbesar Dunia Portland

Redelong | Lintas Gayo – Koperasi dari Gayo ikuti Pameran kopi terbesar di dunia yang diadakanoleh Specialty Coffee Association of America (SCAA) yang diadakan di Oregon Convention Center, Portland, Oregon, Amerikaserikat. Pameran i ni akan diadakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 19 – 21 April 2012.

Menurut Mustawalad,  Ketua Forum Kopi Fair Trade Asia Pasifik,  Senin (16/4), agenda SCAA sendiri  seperti pameran kopi dan pameran peralatan yang berhubungan dengan kopi, Symposium, dan Barista

Produser kopi dari Gayo akan membuka 2 booth (stand). Stand untuk pasar International dan stand untuk pasar Amerika.

Pasar Amerika di bantu oleh FairTrade USA akan dikoordinir oleh Armiya dan 3 koperasi yaitu APKO dan GLOC serta Permata Gayo dan pasar International akan dibantu oleh Fair Trade International yang akan dikoordinir oleh Mustawalad.

Sampel untuk pameran ini berasal dari Koperasi–koperasi yang telah memiliki sertifikat FairTrade da n Organik, seperti : Ketiara, Adil Wiladah Mabrur, Kopi GayoOrganik (KKGO), Bies Utama, Sara Ate, Arinagata, Askogo, Tunas Indah, Asosiasi Petani Kopi Organik (APKO), GayoLinge Organic Coffee (GLOC), Gayo Mandiri, Permata Gayo.

Lebih lanjut dikatakan Mustawalad, Untuk pasarAmerika produser kopi Gayo akan membuka stand bersama dengan stand Fair Trade USA. Dan untuk pasar yang lebih luas seperti Eropa, Asia dan Amerika sendiri stand kopi Gayo bersama dengan Fair Trade International dan lokasi kedua stand ini tidak terlalu berjauhan.

“ Pameran kopi terbesar ini juga akan dihadiri oleh Eksportir kopi Gayo seperti dari CV. Ujang Jaya, GLOC dan Permata Gayo” ungkap Mustawalad.

Dikatakan, Untuk tahun 2012 ini, yang ikut secara langsung dalam pameran ini adalah Iwan Rahmat dari APKO, Shalat dan Aulian dadari GLOC, serta Armiya dari Permata Gayo dan sebagai utusan dari Asosiasi Producers Fair Trade Indonesia dan Forum Kopi Fair Trade Asia  Pasifik adalah Mustawalad sebagai ketua dari organisasi ini.

“Bagi produser kopi Gayo ini merupakan kesempatan yang sangat penting karena Amerika merupakan pasar utama dari kopi Gayo.Pada tahun 2010 kopi Gayo yang bersertifikat Fair Trade dan Organik menempati urutan kopi keempat yang dijual di pasarAmerika”, jelas Mustawalad.

Menurut Mustawalad, dalam pameran kopi ini petani atau produser kopi dapat bertatap langsung dengan penikmat kopi mereka yang sebelumnya telah membeli kopi dari i mportir di Amerika.

“Harapan kita adalah ini dapat membuka lebih luas akses pasar untuk kopi Gayo baik itu di Amerika Serikat dan Negara Erofa serta pasar baru di Asia”, imbuh Mustawalad.

Setelah  selesai nya acara pameran ini beberapa perwakilan koperasi akan melanjutkan lawatannya ke Kanada serta beberapa Negara Erofa seperti Swiss, menjajaki  pemasaran kopi Gayo, demikian Mustawalad. (Win Ruhdi)

Comments

comments