by

Pameran Kriya: Proses Kreatif Mahasiswa Berkarya

 

Padangpanjang | Lintas Gayo – Himpunan Mahasiswa Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang akan melaksankan pameran kriya semester genap 2011/2012 di Loby Gendung Pertunjukan Hoerijah Adam ISI Padangpanjang, Rabu-Jumat (25-27 Juli 2012).

Ansar Salihin Ketua Panitia mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pameran akhir semester genap tugas mahasiswa Jurusan Kriya minat III dan minat V. Setiap semesternya jurusan kriya mengadakan kegiatan seperti ini untuk miningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam berkarya.

“Kegiatan ini berbeda dengan sebelumnya, biasanya pameran akhir semester dikelola langsung oleh jurusan sedangkan sekarang dikelola oleh mahasiswa, jurusan dan dosen hanya sebagai pembimbing,” ungkap Ansar Salihin.

Sementara menurut Wisnu Prastawa, S.Sn.,M.Sn,  Pembimbing HIMA dan juga pembimbing pameran ini mennyatakan  pameran ini diharapkan menjadi ajang untuk kreatifitas, melatih kompetisi yang sehat serta meningkatkan apresiasi seni kriya sehingga diharapkan seni kriya bisa maju dan berkembang.

Pemeran akhir semester merupakan salah satu program jurusan Kriya yang dilaksanakan setiap semesternya, Sesuai dengan keputusan dijurusan untuk semester ini pameran dikelola oleh mahasiswa, ini sebagai pembelajaran untuk mahasiswa bagaimana mengelola sebuah acara, timpal Dra. Mega Kencana, M.Sn. Ketua Jurusan Kriya.

Selanjutnya Nofrial, S.Sn.,M.Sn. Sekretaris Jurusan menyatakan pameran ini adalah ajang publikasi karya-karya mahasiswa kepada masyarakat luas yang terkait proses akademik diberbagai tingkatan  peminatan dalam media (Kayu, Logam, Tekstil, Kulit dan keramik). Pameran ini juga ajang kompetisi untuk pemilihan karya terbaik di masing-masing tingkat minat tersebut.

Nofrial menambahkan melalui pameran ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Kriya, bagi mahasiswa diharapkan dapat mengukur dan meningkatkan kemampuannya, baik ide, konsep maupun teknis karya. (SP/red.03)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.