by

Irvan Rasyid, Ketua 1456 KK Minang Saiyo 2012-2016

ORGANISASI sosial kemasyarakatan warga asal Tanah Minang Sumatera Barat yang ada di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Minang Saiyo, 28 Juli 2012 lalu menggelar Musyawarah Pemilihan Pengurus baru di Hotel Triarga Takengon dan berhasil memilih ketua baru yang tercatat sebagai ketua ke-8 sejak berdirinya, 23 Maret 1953 lalu.

ā€œAlhamdulillah saya diperayakan oleh mayoritas peserta musyawarah tersebut,ā€ kata Irvan Rasyid yang berhasil menyisihkan 15 orang pesaingnya sebagai kandidat ketua Minang Saiyo, Kamis 2 Agustus 2012.

Dalam kepemimpinannya selama 4 tahun kedepan, menurut tokoh pemuda Aceh Tengah ini, dirinya akan meneruskan program kerja pengurus sebelumnya yakni dibidang sosial kemasyarakatan.

Selain itu, menurut pria kelahiran Takengon, 02 Oktober 1966 dari pernikahan Rasyidin Dt Rajo Pengulu dan Darmiati ini, dirinya akan memperkuat konsolidasi organisasi sebagai program awal. Lalu mendirikan semacam balai pertemuan, dan pengadaan tanah perkuburan bagi warga Minang Saiyo. Dan dalam bidang ekonomi, akan memperkuat Koperasi yang sudah ada.

Anggota Minang Saiyo berjumlah lebih kurang 1456 Kepala Keluarga (KK) dan umumnya berprofesi sebagai pedagang, namun ada juga PNS dan politisi.

Sebagai politisi tercatat AW. Sutan Sarif pernah jadi anggota DPRD Aceh Tengah dari PPP Periode 1982-1987. Lalu Z.Adam Said anggota DPRD Aceh Tengah (PPP) Periode 1992-1997 dan terakhir Agus Sutan Amiruddin, anggota DPRD Aceh Tengah (Golkar) 1997-1999.

ā€œAda beberapa yang lainnya yang aktif di partai seperti saudara Faisal Guci dari PDI dan saya sendiri aktif di PPP, namun belum berhasil meraup suara memenuhi kuota sebagai anggota DPRK,ā€ kata Irvan Rasyid yang dikenal sebagai sosok vokal di tanoh Gayo ini.

Pantauan Lintas Gayo, warga Minang di Aceh Tengah memang sudah banyak berkiprah, ambil peran dalam membangun terutama dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM). Akhir-akhir ini, 2 putra putri berdarah Minang berhasil menoreh prestasi dan membela Aceh Tengah di tingkat provinsi Aceh, Dewinta Heriza sebagai Putri Kopi Gayo 2012 dan Rahmat Akbar sebagai Abang Takengon (Duta Wisata Aceh Tengah) 2012.

Selamat bekerja Bang Irvan Rasyid, semoga bisa memberi konstribusi yang lebih baik bagi paguyuban Minang Saiyo dan dalam membangun Tanoh Gayo umumnya. (Kha A Zaghlul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.