Puisi “Ramadhan Munengét Jiwe” Sulaiman Juned

SULAIMAN JUNED

Ramadhan Munengét Jiwe

ku
kétten kelem
kati pejemmé sawah
ku umuk-umuk
ah !

Ramadhan Menggigit Jiwa

aku
gigit malam
agar pekatnya sampai
ke ubun
ah !

Padangpanjang, 2012

The Ramadhan Biting of Spirit

me
bitten the evening
in order to the pitch dark
to come to  crown
ah !


SULAIMAN JUNED

Lahir di Usi Dayah Pidie, 12 Mei 1965. Mulai menulis sejak tahun 80-an, dan kini menekuni pekerjaan sebagai seniman, dosen tetap jurusan seni teater di ISI, Dosen Ahli FKIP/Bahasa dan Sastra Indonesia Daerah Univ. Muhammadiyah, guru teater di SMA Negeri 1 Sawahlunto, SMA Negeri 1 Padangpanjang Sumatera Barat. Soel kini memiliki seorang istri dan seorang putra.
Antologi puisi tunggalnya ‘Riwayat’ mendapat Juara III Penulisan buku pengayaan sastra (2007). Mengikuti seminar sastra, teater dan jurnalistik di berbagai kota. Ia juga kerap terlibat dalam dunia musik
Soel aktif dalam organisasi seni dan pers, mengeditori Novel “Cinta di Kota Serambi Karya Irzen Hawer, 2010. Telah memainkan 250 judul lakon 152 naskah luar dan dalam negeri. Teater-Sastra-Jurnalistik telah membawanya mengelilingi sejumlah kota di Indonesia, Malaysia-Singapura-Jepang-Brunaei dan India.

—–
Puisi tiga bahasa (Gayo, Indonesia dan Inggris) ini adalah bagian dari isi buku Antologi Puisi PASA The Gayo Institute (TGI) 2012, dengan interpretator bahasa Joni MN dan Salman Yoga S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.