Pacuan Kuda di Takengon Pakai Start Gate, Digelar Pertengahan September 2012

Takengon | Lintas Gayo ā€“ Pertengahan September 2012 ini Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah kembali akan menggelar even tahunan pacuan kuda Gayo yang merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67.

Informasi yang ditunggu masyarakat ini diungkap salah seorang pengurus Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Aceh Tengah, Drh. Rahmandi, Selasa 28 Agustus 2012 malam.

Diakuinya, penyelenggaraan even tersebut agak terlambat karena bertepatan dengan bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 1433 H. Selain itu juga karena sebelumnya belum ada komunikasi kongkrit dengan pihak Pordasi Gayo Lues karena kabupaten tersebut juga menyelenggarakan even yang sama saat HUT RI tiap tahunnya serta Bener Meriah yang juga sebagai kontingen peserta.

ā€œKali ini, kemungkinan besar akan kita gelar mulai 17 atau 24 September mendatang, tergantung hasil kesepakatan dengan seluruh jajaran panitia yang baru terbentuk serta menunggu arahan bapak Pj Bupati Aceh Tengah,ā€ terang Rahmandi.

Satu hal lagi, lanjut Rahmandi, penyelenggaraan tahun ini agak berbeda dengan sebelumnya karena memakai Start Gate saat pelepasan start kuda pacu. Dan berdasarkan penjelasan dari pihak Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah saat rapat tadi sore, benda tersebut akan tiba di Takengon sekitar tanggal 10 September 2012, ungkapnya.

ā€œPemakaian Start Gate ini merupakan yang pertama selama sejarah pacu kuda di Gayo, Aceh Tengah, Bener Meriah maupun Gayo Lues. Ini merupakan upaya untuk mengurangi sebab musabab terjadinya percekcokan saat start kuda berpacu,ā€ ujar Rahmandi.

Dirincikan Rahmandi, ada 8 pintu Start Gate dengan tinggi pintu 92 centimeter sehingga tidak memungkinkan kuda kelas D (tinggi badan kuda terendah atau kuda lokal) untuk keluar dari pintu bagian bawah.

ā€œKarena untuk pertama kali, dalam prakteknya nanti kemungkinan akan masih mendapat kendala, karena faktor kuda peserta yang belum terbiasa. Solusinya, akan dibahas oleh tim teknis nantinya, dan akan disediakan waktu untuk kuda berlatih start pacu dengan menggunakan Start Gate,ā€ demikian Rahmandi. (Kha A Zaghlul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.