Tutup Tahun 2012, Pemkab Aceh Tengah Gelar MTQ ke-30

 

Takengon | Lintas Gayo – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 tingkat Kabupaten Aceh Tengah mulai digelar sejak Senin 24 hingga 29 Desember 2012 mendatang yang dipusatkan di Masjid Quba Bebesen.

Menurut Ketua panitia penyelenggra kabupaten, Drs. Tgk. H. Msaleh Syamaun,  jumlah peserta seluruhnya mencapai 333 orang, menghadirkan 140 orang official dari 14 kecamatan se-kabupaten Aceh Tengah.

“Pelaksanaan MTQ dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an. Sedangkan  tujuannya adalah merupakan bagian dari seleksi di tingkat Kabupaten, dimana para peserta yang berprestasi nantinya,  dinominasikan pada persipan menghadai MTQ  Tingkat Provinsi Aceh, yang akan datang di Kota Subussalam.” papar Saleh Syamaun.

Sementara itu, Panitia pelaksana lomba, Drs. Armaja, mengungkapkan,MTQ kali ini, beberapa cabang perlombaan diantaranya cabang tilawah yang terdiri dari tartil Qur’an putra/putri, Tilawah anak-anak putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tilawah dewasa putra/putri, tilawah cacat netra putra, tilawah al-quran mujawwad (qira’ah sab’ah).

Kemudian cabang hifzhil Qur’an yang terdiri dari hifzhil Qur’an dan tilawah 1 juz putra/putri, hifdzhil Qur’an 5 juz putra/putri, hifdzhil Qur’an 10 juz putra/putri, hifdzhil Qur’an 20 juz putra/putri,.hifdzhil Qur’an 30 juz putra/putri. Selanjutnya cabang fahmil Qur’an putra/putri, cabang syarhil Qur’an dan cabang khat yang terdiri dari khat dekor putra/putri, khat mushaf putra/putri serta khat naskah putra/putri.

Berikutnya juga turut diperlombakan cabang  Musabaqah Makalah Ilmiah al-Qur’an (MAIQ) putra/putri serta cabang tafsir bahasa Indonesia putra/putri.

Seremoni pembukaan MTQ diawali dengan defile kafilah yang hadir dari 14 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut, selain Pj Bupati, Ir. Mohd Tanwier, para tamu undangan yang tampak hadir diantaranya, Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf. Sarwoyadi, Kapolres Aceh Tengah, AKBP, Artanto, SiK, Wakil ketua DPRK  Aceh Tengah, M.Nazar, Ketua MPU Aceh Tengah Tgk.H. Mohd  Ali Djadun,  Kasi Intel Kejari Aceh Tengah, Gunawan Sipayung. SH.MH meweakili  Kajari Aceh Tengah. Dan perwakilan dari Pengadilan Negeri Takengon.

Sementara pejabat daerah yang  hadir diantaranya Sekretaris Daerah, Drs. H.Taufik,MM, Asiten Adm Tata Pemerintahan dan Kesra, Karimansyah, SE,MM, Asisten Adm Ekonomi dan Pembangunan Drs. Muhammad Syukri .M. PD,  sejumlah Kepala SKPK, anggota DPRK Aceh Tengah  (SP/red.03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.