by

LSM Tajuk dan Warga Tanam Pohon di Terang Ulen

Tajuk1

Takengon | Lintas Gayo – Puluhan warga Kampung Terang Ulen Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah bersama sejumlah anggota LSM Tajuk, Jumā€™at 29 Maret 2013 melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan mulai dari perbatasan dengan Kampung Pepalang sampai ke perkampungan masyarakat Terang Ulen.

Jenis pohon yang ditanam berupa Mahoni sebanyak 242 batang. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan Program Kampanye Perlindungan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dilaksanakan oleh LSM Tajuk bekerjasama dengan Yayasan Leuser Internasional (YLI-NZAID), dimana sejak bulan Januari 2013 LSM Tajuk telah mengadakan serangkaian kegiatan guna meningkatkan pemahaman masyarakat sebagai stake holder terhadap pentingnya melindungi DAS dan menjaga kelestarian lingkungan.

Isranuddin Harun Ā Ketua LSM Tajuk Ā sebagai penanggung jawab Aksi menyatakan kegiatan aksi menanam pohon tersebut adalah bukti nyata tingginya kepedulian masyarakat Terang Ulen dalam Ā menjaga dan Ā melestarikan DAS. Tajuk2

“Kami menyambut baik partisipasi masyarakat hari ini yang turun dan terlibat langsung dalam aksi penanaman pohon secara sukarela dan harapan kami kepada masyarakat Kampung Terang Ulen agar kedepannya menjaga dan merawat ratusan batang pohon yang kita tanam hari ini, dan masukan kami kepada berbagai pihak yang terlibat dalam upaya perlindungan DAS agar dalam melaksanakan program perlindungan DAS dapat melibatkan partisipasi masyarakat khususnya di bagian hulu DAS ā€ terang Isran.

Hal tersebut ditanggapi oleh Darmuzi Reje Kampung Terang Ulen. “Saya atas nama masyarakat Kampung Terang Ulen berterima kasih kepada LSM TAJUK dan YLI NZAID yang telah menggagasi kegiatan aksi menanam pohon Ā di lingkungan kami, aksi tanam pohon hari ini dilaksanakan dengan dua tujuan yang pertama sebagai sumbangan masyarakat Terang Ulen terhadap kegiatan konservasi alam dan yang kedua adalah sebagai upaya pembangunan kawasan pemukiman yang Ā hijau dan asriā€, kata Darmuzi.

Kegiatan penanaman pohon di Kampung Terang Ulen berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, Dihadiri 4 orang staf YLI NZAID.

Pohon yang ditanam juga diberi pagar bambu sebagai perlindungan awal bagi tanaman agar terlindung dari segala aktivitas yang dapat mengganggu pertumbuhannya. (LG003)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.