by

[essay foto] Lut Tawar: dari Adu Perahu sampai Adu Kuda

Dayung (3)PESONA Lut Tawar memang tiada padamnya. Apapun yang digelar di sana pasti mengundang para pengunjung untuk datang melihatnya. Seperti yang dilaksanakan pada Minggu 26 Mei 2013 di Pante Menye Bintang Kabupaten Aceh Tengah.

Lomba perahu tradisional dan lomba pacuan kuda yang diselenggarakan dalam rangka festival Lut Tawar 2013, benar-bener mengundang decak kagum pengunjung. Dayung (5)Bukan saja dari seputaran Aceh Tengah, namun dari berbagai daerah di Aceh termasuk Medan Sumatera Utara dan pulau Jawa juga terlihat ikut menyaksikan even meonumental ini.

Kawasan pantai paling timur danau tersebut dipadati warga serta para pelancong menyaksikan atraksi budaya sekaligus olahraga yang digelar atas gagasan masyarakat setempat bersama Dinas Kebudayaan Dayung (10)Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah.

“Event ini sangat ditunggu-tunggu warga. Dan tentu akan meningkatkan jumlah kunjungan ke daerah ini,” kata tokoh masyarakat setempat, Juanda sambil berharap even ini terus berlangsung setiap tahunnya dan dijadikan kalender tetap Disbudpora Aceh Tengah.

Bagaimana serunya pertadingan adu perahu dan adu kuda ini, berikut PacuKuda (2)fotografer Lintas Gayo Munawardi menyajikannya untuk pembaca sekalian.(Narasi: LG-075/Foto: Munawardi)

 

 

PacuKuda (4)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PacuKuda (6)

Comments

comments