by

Pemilihan Abang Aka Takengon 15 Juni 2013

Abang dan Aka Takengon 2012
Abang dan Aka Takengon 2012

Takengon | Lintas Gayo – Salah satu agenda tetap Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Aceh Tengah adalah Pemilihan Abang Aka Takengon atau Duta Wisata Aceh Tengah akan digelar pertengahan bulan Juni ini.

Dan untuk melangsungkan kegiatan itu Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mempercayakan kepada Forum Abang Aka Takengon (Fakat).

Menurut salah seorang pengurus Fakat, Mukhlis Muhdan, Jum’at 31 Mei 2013, Pemilihan Abang Aka Takengon 2013 akan mulai diselenggarakan 13 Juni 2013 mendatang dengan tahap pertama dilakukannya audisi memilih 5 pasangan Abang Aka.

Selanjutnya, ke-5 pasang Abang Aka itu akan diberi pembekalan wawasan terkait syari’at Islam, adat, seni, budaya, kepariwisataan dan lain-lain.

Dan puncaknya, menurut Mukhlis yang merupakan Duta Wisata Aceh tahun 2011 ini, akan dilakukan grand final pemilihan Duta Wisata Aceh Tengah atau Abang Aka Takengon 2013 pada 15 Juni 2013 bertempat di hotel Bayu Hill Takengon.

“Para juri akan memilih sepasang putra putri Aceh Tengah untuk dikirim ke Banda Aceh mengikuti seleksi Duta Wisata Aceh yang seterusnya jika terpilih akan ikuti pemilihan Duta Wisata tingkat nasional yang akan digelar di Banda Aceh,” papar Mukhlis.

Diungkapkan Mukhlis, sejauh ini Abang Aka Takengon sangat disegani di level Aceh karena selalu masuk nominasi pemenang. “Aceh Tengah sangat disegani karena setiap tahunnya selalu lolos sebagai nominator dan saya sendiri sempat terpilih sebagai Duta Wisata Aceh tahun 2011 lalu,” kata Muhklis.

Tahun 2012 lalu, lanjutnya, Aka Takengon, Rizki Hawalaina berhasil sebagai juara 3 dan Abang Rahmat Akbar diposisi 5 se-Aceh.

“Kita optimis, tahun ini akan lebih baik lagi walau saingan cukup berat karena tahun 2013 ini Aceh sebagai tuan rumah pemilihan Duta Wisata Indonesia. Animo remaja Takengon ikuti ajang ini sangat tinggi, kita yakin akan mendapatkan Abang Aka yang mampu bersaing,” ujar Mukhlis.

Bagi yang berminat turut serta di ajang ini, panitia masih memberi kesempatan hingga tanggal 10 Juni 2013 mendatang dengan mendaftarkan diri ke Disbudparpora Aceh Tengah. Sebelumnya masa pendaftaran hingga 20 Mei 2013. (LG003)

Abang-Aka

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.