by

Pacu Kuda 18 Sampai 24 Agustus

Takengen | Lintas Gayo – Pacuan kuda tradisionil Gayo yang setiap tahunnya diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI, untuk tahun ini akan dilaksanakan mulai 18 Agustus hingga 24 Agustus.

Untuk sementara 150 ekor kuda dari berbagai klasifikasi sudah didaftar pemiliknya. Kuda tersebut berasal dari tiga kabupaten, Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Luwes, hal tersebut dijelaskan, Amir Hamzah (Kadis Pora Aceh Tengah), selaku ketua panitia pacuan kuda, menjawab media ini, Minggu (17/8/2014) siang.

Diperkirakan akan diikuti oleh 300 ekor kuda, sebut Amir, yang memperebutkan hadiah total mencapai Rp 200 juta. Kegiatan yang dipusatkan di Blang Bebangka ini, akan dibuka Bupati Aceh Tengah Nasaruddin dan dijadwalkan saat penutupan akan dilaksanakan oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

Pagelaran pacuan kuda ini, jelas Amir, diikuti oleh 4 kelas, masing-masing kelas super A. Untuk muda, dewasa dan tua ada katagori masing-masing empat kelas A,B,C, dan D. Untuk menentukan umur kuda sesuai kelasnya, sampai saat ini tidak ada kendala.

“Selain dilihat dari segi umur, gigi kuda, dan juga para pemilik, pantia, serta asosiasi kuda, sepakat menentukan umur kuda dari ukuran tubuh kuda. Hal ini sudah lumrah dilaksanakan,” sebut Amir. (Iqoni RS)

Comments

comments

News