by

Kuliner Lezat dari Singkong

singkongLintas Gayo – Sejak dulu, singkong merupakan makanan khas Indonesia. Tapi bagi kebanyakan masyarakat kota, panganan ini hanya diolah menjadi singkong goreng saja. Padahal bila di tangan masyarakat tradisional, singkong bisa menjelma menjadi pelbagai kudapan enak. Apalagi bila Anda menyantap olahan ubi kayu ini kala hangat, nikmat dan perut pun kenyang.

Singkong sendiri berharga murah dan tumbuh di daerah tandus. Meski murah, singkong memiliki serat tinggi, mengandung vitamin B & K, serta berlimpah magnesium dan kalium. Berikut merangkum lima makanan lezat dari singkong:

  1. Getuk
    Getuk merupakan olahan singkong yang cukup populer. Karena tak mengandung bahan pengawet, camilan manis ini hanya berumur satu hari. Tapi cara pembuatannya cukup mudah. Hanya menggunakan satu kilogram singkong kupas, setengah butir kelapa parut yang terkukus 10 menit atau keju, 200 gram gula pasir, vanili, dan 100 cc air. Langkah pertama, didihkan gula, air, 1/2 sendok teh vanili hingga kental, dan sisihkan. Kemudian kukus singkong hingga lunak, tumbuk selagi panas, dan campur dengan cairan gula. Setelah teruleni rata, giling dan potong –potong. Terakhir, taburkan kelapa parut atau keju, hidangkan selagi panas.
  1. Lupis
    Sama seperti getuk, Anda pasti tidk asing dengan lupis. Tersaji dengan gula jawa yang telah dicairkkan, kedapan rada kenyal ini sungguh legit. Cara memasaknya pun tak berbeda jauh dengan getuk. Singkong yang menjadi bahan utama harus diparut dahulu. Begitu pula dengan daging kelapa muda. Kemudian siapkan garam; 100 gram gula jawa, disisir; dua lembar pandan, diikat; dan air. Campurkan parutan singkong, kelapa, dan sejumput garam hingga merata. Masukkan adonan ke daun pisang berkerucut atau seperti lontong, lalu kukus selama 15-25 menit hingga matang. Langkah selanjutnya, panaskan 70 mili liter air, pandan, dan gula jawa hingga mencair dan tidak gosong. Kemudian, lupis sudah siap disantap.
  1. Klenyem alias Misro
    Berbeda dengan lupis dan getuk, misro sudah jarang ditemui di pegadang camilan tradisional. Padahal cara pembuatannya pun tak sulit. Anda hanya memerlukan singkong yang terparut halus, kemudian memerasnya hingga menghasilkan air bersari singkong. Kemudian, ambil endapan air perasan singkong dengan parutan singkong, sedikit parutan kelapa, gula, dan garam. Ambil sedikit adonan, buat bulatan kecil dan berikan isi potongan gula jawa, lalu goreng. Matang, angkat, dan misro siap dihidangkan. Mudah bukan?
  2. Sawut
    Untuk membuat penganan manis ini, Anda memerlukan tahapan cukup panjang. Pertama, menyediakan bahan berupa satu kilogram singkong, sejumput garam, setengah sendok teh vanili, dua daun pandan yang terpotong kecil, seratus gram gula merah tersisir halus, dan seratus gram kelapa parut yang sudah dikukus dengan sejumput garam. Lalu kupas singkong dan serut dengan kasar. Hasilnya, aduk serutan singkong dengan garam dan vanili hingga rata. Setelah adonan masuk ke wadah, beri potongan daun pandan dan taburan irisan gula merah. Kukuslah hingga matang. Kemudian angkat dan sajikan hangat dengan kelapa parut.
  1. Singkong Karamel
    Juga berasa manis, singkong karamel nikamt disantap kala hari tengah hujan. Ditemani secangkir manis hangat, kudapan ini bisa menentramkan tubuh yang dingin. Pun cara pembuatannya sangat sederhana. Anda cukup menyediakan singkong dan dua buah gula jawa. Singkong yang sudah terkupas dan tercuci bersih, dipotong kecil, kira-kira cukup untuk sekali suap. Kemudian kukus singkong dalam dandang hingga matang. Dan panaskan irisan gula jawa dengan sedikit air, di atas wajan, hingga menyerupai karamel. Masukkan singkong ke dalam wajan, aduk hingga rata. Dan jadilah singkong karamel.

Cemilan di atas sangat mudah dibuat bukan? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghadapi singkong, jangan pernah mencoba memakan ubi kayu mentah terutama kulitnya. Resiko terkena racun sianida bisa membuat pusing hingga muntah. Pilih pula singkong yang baru. Jika ujungnya berwarna kelabu berarti singkong sudah lama dan kemungkinan beracun.(yahoo/Plasadana)

Comments

comments