by

Asrama Mahasiswa Di Banda Aceh Menjadi Kenyataan

asrama mahasiswaBanda Aceh | Lintas Gayo-Harapan dan cita-cita mahasiswa, paguyuban masyarakat Aceh Tengah di Banda Aceh dan juga Pemkab Aceh Tengah untuk memiliki aset berupa asrama di Banda Aceh akhirnya jadi kenyataan.

Bangunan asrama tersebut dibeli tahun ini dari seorang dosen Unsyiah, totalnya memiliki 14 kamar terletak diatas pertapakan seluas 7.390 meter persegi yang berlokasi di Kampung Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar.

Agar tertib, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mempercayakan pengelolaan asrama dilakukan oleh Keluarga Negeri Antara (KNA), sebuah paguyuban masyarakat Aceh Tengah di Banda Aceh.

Namun demikian, asrama tersebut tetap menjadi aset Pemkab Aceh Tengah agar mendapat alokasi pemeliharaan maupun kelanjutan pembangunan. Sementara terkait biaya operasional seperti listrik dan air, menurut Nasaruddin sebaiknya dibebankan kepada yang menempati asrama. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa terbiasa dengan efisiensi dan peduli dengan kondisi hidup di asrama.

“Asrama ini nantinya akan terus dibenahi, baik berupa penambahan kamar, penyediaan fasilitas mushala hingga sarana olah raga,” ungkapnya ketika bersilaturrahmi dengan pengurus dan anggota KNA serta beberapa pengurus himpunan mahasiswa Aceh Tengah di Banda Aceh, kamis (22/10) malam di lokasi asrama.

Walaupun fungsi utama untuk asrama, Nasaruddin mengatakan bangunan tersebut nantinya dapat juga dimanfaatkan oleh masyarakat Aceh Tengah yang ada keperluan di Banda Aceh.

“Kadangkala dari daerah ada momen besar di Banda Aceh, seperti even budaya, kegiatan pertanian, kegiatan olah raga yang selama ini kesulitan tempat karena jumlah personil yang banyak, sekarang dapat memanfaatkan bangunan ini,” ujar Nasaruddin.

Harapan agar mahasiswa yang menempati asrama agar bisa berasismilasi dengan masyarakat sekitar juga menjadi penekanan Nasaruddin, sehingga suasana asrama dengan masyarakat sekitar dapat hidup berdampingan.

Sementara Ketua KNA, Jamhuri mengatakan hadirnya asrama mahasiswa merupakan harapan yang selama ini sudah dinantikan oleh masyarakat dan mahasiswa Aceh Tengah di Banda Aceh

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Banda Aceh,” demikian Jamhuri.(MK/ Relis Humas)

Comments

comments

News