by

Penjelasan Kadiskes Aceh Tengah Soal Asap

Sukrimaha Kadis KesehatanTakengen | Lintas Gayo – Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, dr Sukri Maha kepada Lintas Gayo.com, (24/10) menyampaikan terkait berita yang berjudul, “Asap Kepung Gayo, Kadiskes Aceh Tengah Tidak Tanggap”.

Terhadap peristiwa (Kabut Asap) yang terjadi di Indonesia dan menyeluruh terkena imbas hampir di seluruh Indonesia, terutama Aceh Tengah dengan ini kami menyampaikan. Sejauh ini kami dari Dinas Kesehatan terus memantau dengan apa yang terjadi.

“Kami sangat peduli dengan kejadian yang menimpa hampir di seluruh Indonesia, terutama asap kiriman yang sampai ke Aceh Tengah, terang Sukri Maha sambil mengatakan dinas yang di pimpinya sangat peduli.

Menurut pandangan Dinas Kesehatan bahwa cuaca akibat kabut asap yang terjadi di Aceh Tengah saat ini tidak terlalu tebal dan jarak pandang masih dalam batas toleransi.

“Posisi asap kiriman yang sampai di Aceh Tengah masih batas toleransi, adanya asap tergantung tiupan angin,” jelas Sukri Maha.

Kami pihak dinas sudah menyiapkan masker, namun bila sudah sesuai indikasi pasti akan kita distribusikan dan informasikan kepada masyarakat untuk memakai masker, terutama di luar rumah baik pejalan kaki dan pengendara roda dua, masker wajib dipakai bila jarak padang sudah 100-200 meter dengan ketebalan yang sangat pekat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah juga menghimbau kepada masyarakat khususnya dalam Kabupaten Aceh Tengah, apabila asap sudah sangat tebal dan jarak pandang yang sudah dekat diharapkan kepada masyarakat :

1. Mengurangi aktifitas di luar rumah/gedung.
2. Minum air secukupnya (sering).
3. Menutup makanan/ minuman agar tidak terkontaminasi.
4. Segera ke fasilitas kesehatan jika mengalami gangguan kesehatan seperti batuk, mata berair, sesak nafas dan tengorokan kering. Demikian, terimakasih.

Tertanda Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah
dr. Sukri Maha

Berita terkait: Asap Kepung Gayo, Kadiskes Aceh Tengah Tidak Tanggap

Comments

comments