by

Rencana PLN Bangun Transmisi 150 KV

Suasana konsultasi publik ‎Amdal rencana bangun jaringan transmisi listrik Takengen-Blang Kejeren (Foto : ist)
Suasana konsultasi publik ‎Amdal rencana bangun jaringan transmisi listrik Takengen-Blang Kejeren (Foto : ist)

Takengen | Lintas Gayo – Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana membangun jaringan transmisi listrik berkekuatan 150 KV yang menghubungkan Takengen  Aceh Tengah hingga Blangkejeren Gayo Lues.

Pembangunan jaringan tersebut akan dilaksanakan oleh PT. PLN Unit Induk Pembangunan II Medan. Namun sebelum bekerja terlebih dahulu PLN akan melakukan studi Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

Dokumen Amdal tersebut menurut perwakilan PLN dan konsultan perencana proyek, Budiman Sinulingga diperlukan untuk mendukung jaringan transmisi listrik 150 KV.

“Nanti akan dibangun 277 Tower dengan Luas Tanah yang diperlukan antara 25 M x 25 M dan 25 M x 15 M serta 15 M x 15 M per Unit Tower (SUTT) Takengen-Blangkejeren,” sebut Budiman dalam siaran pers Kamis (24/12).

Lebih lanjut Budiman mengatakan sebelum menyusun dokumen Amdal pihaknya telah melakukan konsultasi publik yang berlangsung senin (21/12) lalu di Takengen.

Turut hadir pada kesempatan konsultasi publik, mewakili Bupati Aceh Tengah, Asisten II Setdakab Amir Hamzah, Kepala BLHKP Aceh Tengah Zikriadi, delegasi Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues yang terdiri dari beberapa Camat dan tokoh masyarakat yang dilalui oleh rencana pembangunan tower jaringan transmisi listrik.

Mewakili Bupati Aceh Tengah, pada kesempatan konsultasi Publik, Amir Hamzah mengatakan tambahan jaringan transmisi listrik baru sangat diperlukan seiring dengan peningkatan kebutuhan listrik dan bertambahnya jumlah penduduk.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mendukung kegiatan pembangunan jaringan transmisi listrik yang direncanakan PLN, namun perlu menjadi perhatian terkait status lahan yang akan dilewati jaringan tower, seperti kawasan hutan, permukiman penduduk dan lainnya,” ungkapnya.

Pemkab Aceh Tengah mengharapkan konsultasi publik yang dilakukan dapat memberi pengertian kepada masyarakat terkait rencana pembangunan SUTT sehingga proses dapat berjalan lancar.(MK/LG010)

Comments

comments