by

Kantin Kejujuran SMA 15 Takengen Diresmikan

Takengen | Lintas Gayo : Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Aceh, Muhammad Yusni, SH MH didampingi Bupati Aceh Tengah dan sejumlah unsur Muspida Aceh Tengah Rabu (25/5) meresmikan kantin kejujuran di SMA 15 Binaan Nenggeri Antara yang berlokasi di kawasan Belang Bebangka Kecamatan Pegasing.

Dihadapan para pejabat dan undangan yang hadir Kepala Sekolah tersebut, Drs. Amiruddin menjelaskan kantin tersebut sudah beroperasi sejak Februari 2011 lalu dengan tujuan untuk menerapkan pendidikan bidang agama dan akhlak. “Setiap siswa wajib mengikuti pelajaran tambahan dalam bidang study Alquran dan Hadist setiap Rabu dan Kamis sore. Sekolah yang dipimpinnya juga memiliki 8 jam pelajaran agama yang berbeda dengan sekolah menengah lainnya yang hanya 2 jam seminggunya,” papar Amiruddin.

Pengakuan Kepsek ini, pihaknya tidak kesulitan untuk membimbing para siswa dalam menerapkan kantin kejujuran sehingga dapat menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lainnya di Aceh Tengah.

Selanjutnya untuk laba kantin kejujuran, menurut Amiruddin sejak Februari sampai Mei telah di peroleh sekitar Rp 3.200.000,- dan telah digunakan untuk modal penambahan barang dari kantin kejujuran dan keperluan sekolah seperti gotong royong, biaya keperluan kegiatan Osis dan lain sebagainya.

Seorang siswa yang dimintai keterangannya, Yustika Dewi mengaku lebih senang belanja di kantin kejujuran karena tidak hanya melatih kejujuran tapi juga tidak perlu berdesak-desakan dengan orang lain. Di kantin ini barang yang di jual tidak hanya makanan ringan tetapi juga alat tulis sekolah .

Kantin yang dikelola oleh Yunita Khairani dan Ayumi memenuhi kebutuhan kantin setiap satu atau dua hari sekali tergantung kondisi dan situasi barang.

Selain kantin tersebut, untuk memotivasi para siswa pihak sekolah memberikan reward kepada para siswa yang berprestasi dan  taat pada peraturan sekolah seperti kedisiplinan, kreativitas yang dilihat dari aktifnya siswa di Mading sekolah, kebersihan, kerapian dan bidang ekstrakurikuler. Rewardnya berupa uang, seragam sekolah bahkan jam tanggan. (ru/yy).

Comments

comments