by

Lemang Terpanjang Di Gayo Lut

lemang 3 Redelong | Lintas Gayo-  Hasanuddin Daro, Plt Bupati Bener Meriah membuat kejutan dan menjadi catatan baru dalam sejarah untuk negeri lembah merapi. Bukan hanya memberikan penghargaan kepada pejuang pemekaran, namun Darjo menyiapkan lemang yang sangat panjang.

lemang 5Lemang dengan cirri khas ketan serta bambu ini, mencapai seratusan. Pendopo Bupati Bener Meriah, saat memeriahkan HUT Kabupaten ini dihiasai lemang, lepat Gayo dan wajik. Darjo khusus mengemas pengenan ini.

lemang 2“Kita kembangkan budaya lokal yang arif, ada lepat, wajik. Bahkan untuk menyiapkan lemang, saya datangkan yang masaknya dari Aceh Tenggara,” sebut Darjo, saat para kepala dinas, unsure Forkopimda, serta para undangan menikmati lemang di Pendopo, (7/1/2017).

lemang 6Selain lemang, Darjo juga menyiapkan durian untuk disantap bersama lemang. Makanan khas itu tersedia di meja, ada lepat, wajik dan durian, sementara untuk lemang, para undangan harus diterpa asap dan merasakan hangatnya api.

lemang 1Lemang itu diambil langsung saat masih dibakar. Yang sudah masak satu persatu berpindah tangan.  Dengan dibalut daun pisang, lemang panas itu dijadikan makanan. Bahkan ada diantara undangan yang membawa pulang lemang tersebut. (LG 03)

Comments

comments