by

Pemprov Aceh Sosialisasikan Peningkatan Mutu Biji Kopi

Redelong | Lintas Gayo : Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengawasan dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh melakukan kegiatan sosialisasi peningkatan mutu biji kopi di Kabupaten Bener Meriah, Rabu (22/6).

Ketua Panitia Sosialisasi yang juga kepala UPTD BPSMB Provinsi Aceh Drs. Jafar Abudurrahman, M.Si menyampaikan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah Provinsi Aceh dalam rangka peningkatan mutu komoditi ekspor Provinsi Aceh.

ā€œKabupaten Bener Meriah seperti yang kita ketahui bersama merupakan salah satu kabupaten dengan produksi biji kopi terbesar di Provinsi Aceh, potensi ini akan bernilai ganda, jika, diikuti dengan kualitas mutu yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI),ā€ terang Ketua panitia sosialisasi peningkatan mutu biji kopi tersebut.

Adapun tujuan dan sasaran kegiatan itu menurut Drs. Jafar Abdurrahman, M.Si, untuk menambah pengetahuan tentang peningkatan mutu biji kopi bagi peserta dan supaya dihasilkan mutu biji kopi yang sesuai dengan SNI, sehingga produksi tersebut dapat di ekspor dan bersaing dipasar luar negeri.

ā€œSelain itu untuk menambah kesadaran pelaku usaha akan pentingnya penerapan Setandar Nasional Indonesia,ā€ ujar Kabid Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengawasan dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh.

Tambahnya, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi peningkatan mutu biji kopi di kabupaten Bener Meriah sebanyak 25 orang, terdiri dari petani kopi, pedagang, pengumpul, dan eksportir atau calon eksportir biji kopi.

Pengaruh kadar air dan penyimpanan terhadap mutu biji kopi yang akan di sampaikan oleh Eddison Chan, S.TP dari UPTD BPSMB Disperindagkop dan UKM Provinsi Aceh.

Acara sosialisasi tersebut di hadiri dan di buka langsung oleh Bupati Bener Meriah Ir. H. Tagore Abubakar, Kepala UPTD BPSMB Provinsi Aceh Drs. Jafar Abdurrahman, M.Si, Kadis Perkebunan dan Kehutanan Bener Meriah.(Aman Buge)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.