by

TNI dan Pemkab Tanam Kentang Varietas Unggul di Delung Tue

Redelong| Lintasgayo.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) melaksanakan penanaman kentang sebanyak 1 ton dengan luas lahan 1 hektar di Desa Delung Tue, Kecamatan Bukit, kabupaten Bener Meriah pada Senin (28/06/2021).

Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0119/BM Kapten Inf Jan Suhardi mengatakan, dataran tinggi Gayo mempunyai ketinggian 1.200 M (3,900 ft) diatas permukaan air laut dengan kelembaban udara yang tinggi, curah hujan cukup baik, sehingga cocok untuk budidaya tanaman muda dalam mendukung, mensukseskan ketersedian ketahanan pangan di daerah.

“Salah satunya budidaya tanaman kentang, karena memiliki tingkat permintaan yang banyak serta prospeknya bagus, guna menambah kesejahteraan masyarakat khususnya Petani dan mencukupi ketahanan pangan di wilayah,” ujarnya

Sementara itu, Babinsa Pos Ramil Bukit Koramil 02/Wps Koptu Fatkhul menjelaskan, Jenis bibit kentang yang di tanam dalam lahan seluas 1 hektar tersebut mengunakan bibit varietas Granola 2 (G2) merupakan varietas bibit unggul.

“Lahan yang ditanami merupakan lahan swakelola BUMK dengan cara sewa lahan dari masyarakat setempat,” sebutnya.

Menurutnya, Dengan bibit sebanyak 1 Ton dapat menghasilkan maksimal 16 ton hasil panen dan minimal 10 ton hasil panen. kata Babinsa.

“Semoga apa yang kita tanam hari ini dapat menjadi nilai ekonomis dan membawa mamfaat bagi masyarakat Bener Meriah,” tandasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Kadis Pertanian, Camat Bukit, Wakapolsek Bukit, Kepala Desa (Reje), Bhabinkamtibmas, Ketua BUMK, Petue, Aparatur Desa dan Masyarakat Setempat. (LG04/Red)

Comments

comments