by

Tekan Angka Perceraian Tinggi, MPU Bener Meriah Gelar Muzakarah Keagamaan

Ketua MPU Bener Meriah Tgk. Almuzani, membuka kegiatan Muzakarah Keagamaan dengan tema Menekan Angka Perceraian di Aula Kantor MPU setempat. Senin, (27/6/2022). Foto: Dok Lintasgayo.com

Redelong | Lintasgayo.com – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bener Meriah menggelar kegiatan Muzakarah masalah keagamaan tahun 2022 dengan tema “Menekan Angka Perceraian di Kabupaten Bener Meriah”.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua MPU Kabupaten Bener Meriah Tgk. Almuzani diaula Sekretariat MPU setempat, Senin, 27/6/2022.

Banner

Ketua MPU kabupaten Bener Meriah Tgk. Almuzani dalam sambutan pembukaan kegiatan itu pertama sekali menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh para peserta dan juga ungkapan terimakasih dan apresiasi kepada para narasumber dan peserta yang sudah hadir dalam rangkaian kegiatan ini.

Selanjutnya disampaikan oleh Tgk. Almuzani, intinya secara individu amaliah seseorang itu terbagi dua, ada Hablumminallah langsung kepada Allah dan Hablumminannas sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah.

Almuzani menjelaskan, mengapa tema yang diambil pada kegiatan ini, “Menekan Angka Perceraian di Kabupaten Bener Meriah” yaitu sedikit mengungkap dengan tujuan untuk mempersempit kearah apa yang kita kuatirkan terjadi didalam keluarga kecil dalam rumah tangga, sebab kita kuatir kalau andai kata belum terlaksana apa yang digambarkan oleh Rasulullah SWT.

“Maka sebelum tejadi apa yang kita kuatirkan, pada kesempatan hari yang berbahagian ini, maka seluruh unsur yang berkompeten dalam hal bukan menyelesaikan masalah melainkan mencari jalan untuk mempersempit pintu dari pada angka – angka yang terjadi dikalangan masyarakat khususnya dalam menekan angka perceraian,” ungkap Tgk. Almuzani.

Lebih lanjut disampaikan oleh Ketua MPU Kabupaten Bener Meriah Tgk. Almuzani, apakah faktor – faktor itu disebabkan oleh faktor ekonomi dan faktur umur atau ada faktor lainnya, maka pada tema Muzakarah kali ini dapat kiranya menjadi solusi dikalangan masyarakat khususnya dalam pembinaan keluarga Sakinah mawaddah dan warahmah.

“Angka perceraian di Kabupaten Bener Meriah menunjukan angka yang meningkat yang disebabkan oleh berbagai faktor, ini yang akan kita ungkap apa penyebabnya,” tegas Tgk. Almzani.

Sebelumnya Kepala Sekretariat MPU Anwar, S.Pd sebagai Ketua Pelaksana dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan karena ini merupakan salah satu program dari MPU Kabupaten Bener Meriah pada tahun anggaran 2022 ini. Adapun tujuan dari pada kegiatan ini adalah untuk mencari solusi atas masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan menekan angka perceraian ditengah-tengah masyarakat sesuia dengan tema kegiatan, jelas Anwar, S.Pd.

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan ini bisa menjadi acuan dalam rangka penyelesain apa yang terjadi ditengah – tengah masyarakat kita,” harapnya.

Kegiatan Muzakarah MPU tersebut dilaksanakan dua hari, 27 s/d 28 Juni yang dibagi kedalam dua sesi dalam dua zona, dan masing – masing zona diikuti oleh 75 peserta, sesi pertama tanggal 27 Juni yang diikuti oleh zona 1 ( Kecamatan Bukit, Wih Pesam, Tomang Gajah, Gajah Puti dan Kecamatan Pintu Rime Gayo, zona 2 terdiri dari Kecamatan Bandar, Bener Kelipah, Permata, Mesidah dan Kecamatan Syiah Utama dilangusungkan besok 28 Juni 2022, dengan jumlah peserta keseluruhan 150 orang yang terdiri dari seluruh Kata KUA dan Penyuluh Agama Kecamatan, para Imam dan Mukim, tokoh masyarakat, tokoh adat dan undangan lainnya.

Pembukaan Muzakarah MPU Kabupaten Bener Meriah dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Hamdan, MA sekaligus Narasumber, Wakil Ketua Mahkamah Syar’iah Bener Meriah Taufik Rahayu Syam, S.H.I, M.Si sekaligus narasumber, Wakil Ketua I MPU Tgk. Abdurrahman Lamno, S.Sy seluruh peserta Muzakarah dan undangan lainnya. (*)

Fazri Gayo

Comments

comments