Alaidin Abu Abbas ikuti Tes Uji Baca Alquran Secara OnlineĀ 

Takengon | LintasGayo.com – Salah seorang calon kandidat pada Pilkada serentak 2024, Kabupaten Aceh Tengah, Alaidin Abu Abbas mengikuti Tes Uji Baca Alquran melalui Zoom Meeting, Rabu (4/9).

Hal ini menunjukkan bahwa teknologi sangat dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran dan evaluasi keagamaan secara real-time namun berbeda lokasi.

Tentu saja hasil ini memungkinkan peserta untuk diuji dari lokasi yang berbeda tanpa harus hadir secara fisik dilokasi tes.

Tes uji mampu baca Al-Qur’an merupakan salahsatu syarat untuk mendaftar sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati serta Wakil Bupati.

Dhadapan penguji, ada beberapa poin yang akan dinilai dalam tes ini, yaitu ; Penilaian berdasarkan tajwid, kelancaran dan kefasihan membaca.

Menyurati KIP Aceh Tengah, Alaidin menjelaskan bahwa dirinya tidak dapat hadir secara langsung di Aceh Tengah karena sedang menjalankan tugas resmi di Jakarta.

Meskipun berada di ibu kota, Alaidin tetap berkomitmen untuk menjalani tes tersebut, yang merupakan salah satu syarat penting dalam proses pencalonan sebagai Wakil Bupati Aceh Tengah.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Aceh Tengah, Wen Yusri Rahman kepada lintasgayo.com membenarkan hal tersebut bahwa Alaidin Abu Abbas mengikuti tes secara daring.

“Alaidin Abu Abbas ikut tes uji mampu baca Alquran berdasarkan surat keterangan bahwa beliau sedang di Jakarta,” jelas Wen Yusri Rahman yang kerap disapa Wyra.

Seluruh calon Bupati Dan Wakil Bupati mengikuti tes ini di Mesjid Agung Ruhama Takengon, sedangkan untuk Alhudri sendiri, Wyra menyebutkan tidak ada keterangan apapaun memalui surat kepada KIP Aceh Tengah.

“Kalau saudara Alhudri tidak ada, yang ada hanya saudara Alaidin Abu Abbas,” terang Wyra.

Tes uji baca Alquran ini merupakan bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap calon kepala daerah di Aceh. (kayu Kul/Iqoni Rs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.