Mahasiswa Idealis vs Mahasiswa Kacang Buncis

Muslim Arsani
Muslim Arsani

Oleh: Muslim Arsani*

PELANGI Ā itu sangat indah dipandang mata. Mengapa? Keindahan pelangi yang tertangkap mata, tidak lain disebabkan oleh adanya keragaman warna yang tampil dalam pandangan mata. Demikian itulah yang seharusnya tampil di tengah-tengah keseharian pelajar dan mahasiswa.

Keberagaman karakter dan pengalaman individu maupun kelompok menjadi dasar munculnya warna-warna yang menyatu dalam sebuah organisasi. Penyatuan dari keberagaman ini kemudian dikenal dengan konsepsi nasionalisme. Dalam konsepsi ini terdapat konsep nation Indonesia, demokrasi, unitarianisme, otonomi dan kemerdekaan.

Gerakan mahasiswa dalam kaca mata sejarah memperlihatkan bahwa kekuatan utama kelompok kelas menengah ini adalah jiwa idealis dan independensinya. Tidak mau terkooptasi dengan kepentingan politik para pejabat negara. Karenanya perlu diingat bahwa kegagalan gerakan mahasiswa selama ini adalah di karenakan oleh birokrasi, partai politik, dan militer. Keterlibatan mereka dalam penentuan kebijakan organisasi dapat meruntuhkan nilai-nilai moral, dan kemanusiaan seorang mahasiswa.

Saat ini kita tengah mengalami krisis keterbelakangan yang menyedihkan. Kita tidak lagi menjadi sosok yang menjadi panutan terhadap sesama dan tidak memiliki elemen-elemen utama dalam membimbing ke arah yang seharusnya benar.

Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan. Betapa tidak, ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar. Pengertian mahasiswa tidak bisa diartikan kata per kata, mahasiswa adalah seorang agen pembawa perubahan. Menjadi seorang yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh suatu masyarakat bangsa di berbagai belahan dunia temasuk indonesia.

Kenyataan penting yang hilang dari kesadaran kita adalah bahwa kita ini diciptakan untuk kekal, bukan diciptakan untuk menjalankan perannya kemudian selesai sebagaimana halnya dengan manusia-manusa lain. Akan tetapi, sayang sekali kita tidak merasakan sebagai, ā€œkalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia…ā€ (Q.S Ali Imran : 110).

Berbicara tentang mahasiswa sekarang mereka tidak lagi banotif terhadap fungsinya sebagai mahasiswa. Ini cendrung terlihat ketika pergerakan digalakkan tampak jelas secara pemahaman serta kebutuhan digiring ke arah Pragmatis dan Oportunis yang mengakibatkan pudarnya rasa Idealis. Kebutuhan akan material adalah faktor penting tentang keberlangsungan hidup masyarakat. Ini tercermin dengan kehidupan kita saat ini yang lebih mementingkan kepentingan pribadi dari pada kepentingan masyarakat, sehingga berhimbas kepada pola pikir mahasiswa yang Hedonis, Sekuler dan Pragmatis.

Senada juga apa yang di katakan oleh Praja, Pragmatis adalah suatu pemahaman yang mengajarkan bahwa yang benar apa yang membuktikan dirinya sebagai benar dengan perantara akibat-akibatnya yang bermanfaat secara praktis. Dan pemikiran ini bersedia menerima segala sesuatu, asal saja membawa akibat praktis/keuntungan. Pengalaman-pengalaman pribadi, kebenaran mistis semua bisa diterima sebagai kebenaran dan dasar tindakan asalkan membawa akibat yang praktis yang bermanfaat. Dengan demikian, patokan pragmatis adalah ā€œmanfaat bagi hidup praktisā€.

Sudah menjadi rahasia umum dikalangan mahasiswa bahwa saat ini pergerakan mahasiswa tidak lagi menjadi sesuatu yang benar-benar dari hati kalaupun ada akan mejadi lemah syahwat dalam perkembangannya sehingga akan memudarkan peran dan fungsinya sebagai mahasiswa. Ini yang salah bukanlah mereka melainkan karena segelintir orang yang mengambil ke untungan.

Idealisme mahasiswa mulai menurun di akibatkan oleh faktor lingkungan sekitarnya yang kebanyakan adalah mahasiswa-mahasiswa Kacang Buncis (Pragmatis), sehingga terkontaminasi dan menjadikan dia sebagai bagian golongan Pragmatis juga. Pandangan msyarakat, politikus, budayawan, serta tokoh politik menganggap bahwa mahasiswa sekarang apabila di suguhkan dengan lentingan Rupiah maka padamlah semangat untuk pergerakan sehingga layu dalam perkembangannya.

Lain halnya cerita mahasiswa yang mengambil keuntungan dari setiap even perjuangan mahasiswa, mahasiswa ini cendrung menjual isu itu kepada pihak yang di untungkan sehingga pergerakan itu yang semestinya benar maka disesuaikan dengan kehendakanya yang bersifat praktis. Ini juga merupakan salah satu elemen-elemen utama dalam memudarnya rasa idealisme mahasiswa.

Jadi bisa dikatakan saat ini Kacang Buncis (Pragmatis) bisa mengalahkan Idealis sehingga menjerumus kepada rendahnya Integritas mahasiswa. Berbicara tentang kualitas mahasiwa, mahasiswa sekarang nyatanya sibuk dengan keasyikan pribadi misalnya yang tak bermanfaat bermain poker sebagai sambilan kesibukan kuliah bahkan lebih hebatnya lagi bermain Foker adalah segala-galanya yang kemudian kebanyakan di antara mahasiswa yang semestinya kuliah di Universitas asyik kuliah di warung-warung kopi ataupun di warnet.

Sungguh ironis memangnya melihat gelagak mahasiwa sekarang yang nyatanya mulai memudar dalam memahami arti sesungguhnya sebagai mahasiswa. Wahai mahasiswa apakah anda termasuk diantara para golongan di atas. Wallahuallam.

ini adalah syair tentang kritisnya sebagai mahasiswa yang seharusnya menjadi pegangan dalam berorientasi terhadap pergerakan dan perjuangan sebagai Human Society.

Sajak tanpa kata,

inilah kata-kata ku yang pertama, biarlah negeri ini hancur, sebab negeri ini sudah carut marut tak karuan. Para senimannya asyik ber onani dengan seninya. Para elit politinya ribut tak karuan. Mulutnya berbusa, sedangkan tanganya yang hitam bergentayangan kemana saja, mereka bersilat lidah. Menyembunyikan tangannya yang berlumur darah, dengan meminjam bait-bait suci Tuhan.

Negeri ini sudah tak ber tuan kawan…

sebab para penguasa….!!! hanya sibuk bersuara tanpa makna.

Karena itu…!!!Ā  kita mesti kepalkan tinju, memukul mulut mereka yang bau, memotong tangan mereka yang penuh dengan dosa.

Apalagi yang kalian tunggu,,!! menunggu tak akan pernah menghasilkan apa-apa.

Selama badut-badut itu masih bisa kentut, kita pasti akan di tikam dari belakang.

Selama badut-badut itu masih bisa bernafas, kita pasti akan tergilas.

Mari bersama-sama kita lemparkan mereka ke kantong sampah, kita benamkan ke lumpur hitam, agar mereka diam tak bersuara lalu mati tak bertenaga.(Sajak Tanpa Kata_Dompak). (wein_bengsu[at]yahoo.co.id)

*Mahasiswa FKIP Unsyiah Jurusan Pendidikan Sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3,627 comments

  1. Pragmatis itu sendiri mungkin adalah sebuah ideologi, batasan pragmatis itu sendiri sangat ambigu. Kecenderungan aktifis terjun ke politik tentu karena melalui proses dan mekanisme yang membentuk karakter sebagai politisi. Rasanya bukan saja mahasiswa hari ini, belakangan pentolan partai yang bermasalah juga dengan latar belakangan aktifis mahasiswa, jadi sedari dulu memang begitu namun baru baru ini hangat dibicarakan paham pragmatis.