by

SMK Di Aceh Tengah Siapkan Lulusan Siap Kerja

Takengen | Lintas Gayo – Sudah menjadi tugas Pemerintah mengambil langkah cepat untuk menyiapkan tenaga kerja siap pakai seperti (Sekolah Menengah Kejuruan) SMK Bisa, SMK Mandiri, SMK yang lulusannya diharapkan siap kerja. Tidak mudah memang menyiapkan tenaga kerja siap pakai, siap kerja, namun upaya Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pendidikan Menengah bisa melakukan pembinaan untuk program SMK bisa.

Beberapa kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Aceh Tengah juga terus meningkatkan pembinaan kompetensi siswa SMK di tingkat daerah, nasional maupun internasional. Meski di Aceh Tengah baru 4 SMK, dan satu SMK masih dalam tahap pembangunan untuk SMK Persiapan Negeri 5 Takengen di Kecamatan Silih Nara tidak menyurutkan kepala sekolah untuk terus meningkatkan kualitas siswa untuk menghadapai persaiangan lapangan kerja yang terbuka.

Beberapa jurusan dibuka dibeberapa SMK untuk menciptakan lulusan yang siap kerja. Jurusan yang ada di SMKN 4 Takengen minsalnya ada jurusan Tekhnik Furniture dan Tekhnik Sepeda Motor. Di SMKN 3 Takengen, jurusan Tekhnik Gambar Bagunan, Jurusan Tekhnik Ketenagalistrikan, Jurusan Otomotif Sepeda Motor, Jurusan Tekhnik Pengelasan dan Jurusan Tekhnik Rekayasa Perangkat Lunak.

Dengan dibukanya beberapa jurusan di SMK yang akan menghasilkan lulusan yang siap kerja juga telah mengukir prestasi-prestasi yang membanggakan sekolah dan mengharumkan nama daerah ditingkat provinsi maupun nasional.

Prestasi siswa SMK antaranya pernah diraih oleh beberapa SMK di Aceh Tengah, salah satunya seperti diutarakan Drs. Timbul Suroso, M.Pd Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 3 Takengen Kabupaten Aceh Tengah, ā€œbeberapa siswanya pernah mengukir prestasi seperti juara 2 lomba keterampilan siswa se-Aceh, juara 2 bidang cabinet making, juara harapan 2 bidang Autocard (mengolah gambar 3 dimensi),ā€ kata Kepsek mantan guru di SMK 1 Bireun, kamisĀ  (29/9/2011) kepada Lintas Gayo.

Tidak kalah dengan SMKN 3 Takengen, SMKN 2 Takengen juga pernah menjuarai LKS (Lomba Keterampilan Siswa) seperti juara 1 LKS SMK Bidang THP (Tekhologi Hasil Pertanian) tingkat Provinsi tahun 2009, Juara III LKS Automotive dan THP tingkat Ā Provinsi tahun 2010, Juara 1 LKS Listrik Instalasi Tk. Provinsi tahun 2007, juara 1 Cerdas Cermat Tk. Provinsi tahun 2003 dan berbagai prestasi siswanya diurai Ir. Arifin Kepsek SMKN 2 Takengen yang dulunya bernama STM Pertanian Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.(Wen Rahman)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.