by

Pangdam Iskandar Muda Resmikan Tugu Merah Putih di Bur Temon

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Adi Mulyono (foto Khalisuddin)

Bur Temon | Lintas Gayo – Tugu Merah Putih yang dibangun Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bener Meriah di puncak Bur Temon Kampung Bale Atu Kecamatan Bukit merupakan perlambang keperkasaan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan sang Merah Putih di Tanoh Gayo Kabupaten Bener Meriah.

Pernyataan ini dicetuskan Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI, Adi Mulyono saat meresmikan tugu yang berlatar Bur ni Telong disisi utara dan menghadap hamparan wilayah Kabupaten Bener Meriah 3 sisi lainnya tersebut, Selasa (8/11/2011).

“Saya selaku Pangdam Iskandar Muda dan pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak sehingga tugu Merah Putih ini dapat berdiri dengan kokoh di Bukit Merah Putih ini,’ kata Pangdam.

Ini memiliki nilai moral perjuangan yang tinggi karena merefleksikan kembali sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, puji Pangdam Adi Mulyono. Dia berharap dengan adanya tugu berupa beton dengan lebar 17 meter dan panjang 45 meter serta diperindah dengan tonggak bambu runcing berwarna kuning sebanyak 8 batang tersebut dapat memberi dampak positif dan renungan yang konstruktif bagi semua pihak dalm meningkatkan rasa kecintaan kepada bangsa dan negara.

Tugu Merah Putih di Bur Temon Kabupaten Bener Meriah, pertama di Indonesia. (Foto Khalisuddin)

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bener Meriah, Ir  Tagore Abubakar dalam sambutannya menyatakan dengan berdirinya tugu Merah Putih tersebut berharap leluhur Urang Gayo yang telah berjuang merebut dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bisa tenang dialam baka.

“Merah Putih adalah lambang kesetiaan masyarakat Kabupaten Bener Meriah terhadap bangsa besar ini,” cetus Tagore.

Dia juga menyatakan kedepannya kawasan Bur Temon akan dibenahi kembali dengan pembangunan sejumlah fasilitas termasuk jalan aspal serta akan dijadikan sebagai lokasi Agro Wisata di kabupaten tersebut.

Dalam kunjungan Pangdam Iskandar Muda tersebut turut didampingi Dandim 0106 Aceh Tengah/ Bener Meriah Letkol Sarwoyadi, Wakil Bupati Bener Meriah Sirwandi Laut Tawar, unsur Mupida kabupaten setempat, sejumlah tokoh masyarakat dan ratusan pelajar serta organisasi massa yang ada di kabupaten penghasil kopi dan sayuran tersebut.

Selain meresmikan tugu Merah Putih, Pangdam juga berkesempatan meresmikan penggunaan Poskamling yang dibangun di Kampung Bale Atu Kecamatan Bukit, kemudian berkunjung ke markas Polisi Meliter setempat serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kodim Bener Meriah di Kampung Burni Telong atau lebih dikenal dengan Km 85. (Khalisuddin/03)

Comments

comments