by

Mei 2012, Pelebaran Jalan Cot Panglima Rampung

.

Bireuen – Pengerukan dan pemotongan gunung di kawasan Cot Panglima Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen untuk pelebaran jalan yang dilaksanakan PT. Mutiara Aceh Lestari (PT.MAL)  ditargetkan rampung Mei mendatang. Pelebaran jalan mulai dari kilometer 25 hingga 29 yang dilaksanakan pada Februari 2011 lalu, kini sudah mencapai 70 persen, sementara yang masih dalam pengerjaan hanya tinggal tiga titik lagi.

Direktur PT. MAL Bireuen H. Saifannur menyebutkan tiga titik yang harus diburu pengerukan dan pemotongan badan gunung di sisi jalan dengan ketinggian mencapai 140 meter itu meliputi kawasan kilometer  26 dan 27, pengerjaan itu akan memakan waktu sampai satu bulan.

“Sementara untuk kilometer 28 hingga 29 itu membutuhkan waktu sekitar 2 bulan lagi, setelah pelaksanaan itu, kami akan melanjutkan dengan pembangunan drainase disisi gunung dengan kelebaran sekitar 1,5 meter,” terang Saifannur, Senin (27/2).

Untuk pencapaian target perampungan serta pengerukan dan pemotongan gunung, pihaknya terus berupaya menyelesaikan pelaksanaan proyek itu sehingga realisasi proyek tanggap darurat tersebut selesai pertengahan tahun 2012, “Hal ini terwujud apabila tak ada kendala dilapangan seperti hujan yang kerap terjadi selama ini,” imbuhnya.

PT. MAL Bireuen saat ini telah mengerahkan 30 unit alat berat serta melibatkan sebanyak 70 tenaga kerja.”Hal ini kita kerahkan agar fasilitas untuk kepentingan orang banyak itu cepat rampung,” paparnya lagi.

Setelah penyelesaian akhir baik pengerukan dan pemotongan gunung serta pembangunan drainase disisi kaki gunung, maka kontrak pelaksaan pelebaran jalan yang ditangani perusahaannya selesai.

“Untuk kelanjutan pembangunan pengaspalan jalan membutuhkan tenggang waktu hingga setahun, setelah pengerasan dasar, sehingga kualitas  badan jalan yang telah dilakukan pelebarannya itu bisa bertahan hingga  anak cucu,” pungkasnya. (Zulhelmi | The Globe Journal)

.

Comments

comments