WGA Data Masyarakat Gayo di Malaysia

Kuala Lumpur | Lintas Gayo – Terkait dengan akan diselenggarakannya The First International Conference on Gayo Linge Kingdom; Historical, Cultural and Contemporary Development Challenges 2012 di Convention Centre Pusat Islam Universiti Utara Malaysia di Sintok, Kedah Darul Aman Malaysia, Presidum Pusat World Gayonese Association (WGA) akan melakukan pendataan masyarakat Gayo yang berada di Malaysia.

Kebijakan itu diambil dengan tujuan untuk melibatkan partisipasi aktif masyarakat Gayo secara luas di wilayah semenanjung Malaysia terkait dengan pelaksanaan konferensi internasional tersebut. Ditambah lagi dengan adanya kebijakan perekrutan anggota WGA di seluruh wilayah semenanjung Malaysia.

Sabela Gayo seorang penggagas konfrensi internasional masyarakat Gayo di Malaysia mengungkapkan, para sukarelawan pendataan terdiri dari pemuda/i Gayo yang sudah lama menetap dan bekerja di Malaysia. Mereka nantinya yang akan melaksanakan kegiatan sensus tersebut dengan menyebarkan formulir keanggotaan WGA kepada setiap orang Gayo yang ada di masing-masing wilayah negeri tersebut.

ā€œSensus tersebut bertujuan untuk mengetahui berapa populasi masyarakat Gayo yang hidup dan menetap di Malaysia. Selain itu bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antara Pengurus Presidium WGA dan semua masyarakat Gayo yang ada di Malaysia,ā€jelas Sabela dalam siaran persnya dari Malaysia.

Sensus yang digulirkan oleh Pengurus Presidium WGA diharapkan dapat dirampungkan dalam waktu 2 (dua) minggu sehingga kemudian dapat segera diketahui berapa jumlah masyarakat Gayo yang tinggal di Malaysia.

Sehingga nantinya dapat diundang untuk meluangkan waktu bersama-sama menghadiri acara Konferensi Internasional Kerajaan Linge Gayo di Sintok Kedah Darul Aman. Disamping itu, diharapkan agar tetap saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dalam kerangka ukhuwah islamiyah.(SP/red.04)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.