Grupel Jadi Aksesoris Mobil Mewah Hyundai

Takengon | Lintas Gayo – Grupel atau dalam bahasa latin Lisea.sp merupakan kayu yang memiliki karakteristik yang khas dari kayu-kayu lain yang tumbuh dikawasan di kesejukan dataran tinggi Gayo pada ketinggian 700-1700 meter diatas permukaan laut (dpl).

Kayu yang hanya terdapat di Maroko dan di Gayo sendiri ini merupakan jenis kayu yang langka, memiliki tekstur indah dalam sel kayu nya, yang menjadikan tanaman ini semakin diburu oleh para pembalak diseluruh dunia.

Siapa sangka, Grupel yang memiliki ciri khas yang unik ini dijadikan oleh perusahaan industri mobil terbesar asal Korea Selatan, hyundai, sebagai aksesoris guna mempercantik bagian dalam mobil tersebut.

Mustawalad, salah seorang pelaku kopi di Gayo beberapa hari lalu, Rabu (11/07/2012) mengatakan, dirinya pada tahun 2005, pernah berkunjung ke Korea dan menaiki mobil hyundai jenis Equus/Centenial yang merupakan salah satu mobil mewah yang dikeluarkan pabrik mobil tersebut.

“Saya terkejut, melihat bagian dalam mobil itu, saya amati tekstur yang menyerupai kayu bertekstur menarik dibagian dashboor dan bagian pintunya , alangkah terkejutnya saya melihat bagian tekstur itu, ternyata itu adalah tekstur kayu Grupel”, kata Mustawalad.

Ditambahkan, dari potensi yang dimiliki kayu Grupel dan proses perkembangbiakannya yang memakan waktu yang lama, sangat disayangkan jika tidak ada penanganan secara khusus untuk kayu ini.

“Semoga saja akan lahir peneliti di Gayo yang khusus meneliti kayu Grupel, sehingga mempercepat perkembangbiakan dari kayu ini, kayu ini kayu yang unik, bisa bertahan hidup dibeberapa jenis tanah, baik tanah kritis, gersang maupun bebatuan sekalipun, dan dapat bertahan lama walaupun dijemur dalam terik matahari sekali pun. Ketinggian pohon ini dapat mencapai 35 meter dengan diameter batang mencapai 100 cm”, pungkas Mustawalad. (Darmawan Masri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.