by

Oktober 2012, GDC Gelar Lomba Renang di Lut Tawar

Takengon | Lintas Gayo – Mendukung wacana Festival Danau Lut Tawar 2013 serta Visit Aceh Year 2013, komunitas penyelam Lut Tawar yang tergabung dalam Gayo Diving Club (GDC) akan menggelar lomba renang se-Aceh Tengah yang akan digelar di lokasi Wisata Pante Menye Kecamatan Bintang, Oktober 2012 mendatang.

Selain itu, menurut salah seorang pengurus GDC, Mude Angkasa, Selasa 21 Agustus 2012, dalam even tersebut juga akan dilakukan pembersihan danau Lut Tawar dari sampah-sampah anorganik seperti plastik dan jaring-jaring (doran-red) penangkap ikan yang tertinggal di dalam danau.

“Kita akan gelar even lomba renang tradisional di Lut Tawar, selain sebagai even wisata, kampanye penyelamatan danau Lut Tawar juga untuk mencari perenang berbakat di daerah ini,” kata Mude Angkasa yang bersama rekan-rekannya kerap diminta melakukan penyelaman untuk mencari dan mengevakuasi korban tenggelam di Danau Lut Tawar.

Untuk renang, rencananya akan dibagi dalam beberapa kategori berdasarkan umur peserta. Setingkat SD, SMP, SMA dan peserta umum dengan jarak tempuh berenang yang bervariasi. Selain itu juga akan ada renang jarak jauh dengan peralatan Pin Swimming seperti yang pernah dilakukan pada peringatan Hari Air Sedunia (World Water Day) 22 Maret 2010 silam dengan berenang menyeberangi (Swim Crossing) Danau Lut Tawar sejauh 4 kilometer.

“Untuk menarik peminat peserta Swim Crossing , tahun ini direncanakan tidak lebih dari 1 kilometer,” ujar Mude Angkasa

Ditanya hadiah untuk pemenang, dijelaskan sedang diupayakan mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Provinsi Aceh serta pihak lainnya.

Lebih jauh dijelaskan, jika even ini sukses nantinya, maka di tahun 2013 mendatang akan digelar even yang sama dengan peserta selain lokal juga dari dari daerah lain. (Kha A Zaghlul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.