by

Ini Kata Ruslan Abdul Gani Soal Buah-Buahan Menyehatkan dari Bener Meriah


Banda Aceh | Lintas Gayo – Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani rupanya punya gaya sendiri dalam memperkenalkan hasil pertanian di Bener Meriah. Dan untuk itu, Ruslan juga mempelajari fungsi-fungsi buah-buahan yang hidup di daerah tersebut. Berikut beberapa jenis buah-buahan yang menyehatkan dan bisa dikembangkan di Bener Meriah versi Ruslan pada pidato di acara Tepung Tawar (Peusijuk-red) Jama’ah Haji warga Gayo Banda Aceh di Masjid BPKP, Lambhuk, Banda Aceh, Minggu (16/9/2012) ;

Kopi: Kopi Gayo selain dikenal ke seluruh dunia, ternyata juga memiliki fungsi yang luar biasa. Menurut penelitian ahli, kopi juga dapat menjadi obat untuk membebaskan kangker, diabet, melancarkan darah dan menyerap racun dari dalam tubuh. Disarankan tidak memakai gula putih, tetapi gula aren. Dan sangat baik apabila tidak memakai gula. Itu sebabnya di luar negeri kopi sangat mahal.

Alpokat: Alpokat dikenal sebagai makanan, dan ternayata menurut ahli alpukat bukan makanan yang mengandung klesterol tinggi, melainkan sebaliknya dapat menurukan kolesterol dan Asam Urat. Dan buah ini juga menjadi buahyangdapat menyuburkan rambut. Di Bener Meriah Alpokat di jual ke pengusaha Bandung untuk diolah menjadi minyat penyehat rambut.

Kesma: Di Gayo buah kesma mulai langka, tetapi di beberapa tempat masih ada. Buah ini sebelum di makan terlebih dahulu direndam dengan air garam agar terasa manis, kalau tidak terasa cukup kelat. Buah ini juga disebut buah Dewa yang fungsinya untuk penetral darah. Di Cina Kesemah dijadikan buah untuk menyambut tamu-tamu khusus. (Supri Ariu)

Comments

comments