106 Kepsek di Aceh Tengah Dimutasi

 

Takengon | Lintas Gayo – Untuk pertama kalinya sejak dilantik, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tengah, Ir. Mohd. Tanwier  melakukan mutasi sebanyak 106 Kepala Sekolah yang prosesinya dilakukan di gedung oproom Setdakab setempat, senin 1 Oktober 2012.

Dalam arahannya, Pj Bupati mengingatkan jika kepala sekolah menjadi salah satu penentu meningkatnya mutu pendidikan, hal ini juga dikuatkan dengan beberapa survey akademis yang menyatakan peran kepala sekolah mampu mendongrak mutu pendidikan hingga 70 persen, sisanya terletak pada guru, orang tua dan peserta didik.

Begitu besarnya peran kepala sekolah, sehingga diharapkan dapat memberi warna dan pembinaan internal yang menghasilkan kontribusi positif bagi pengembangan proses belajar mengajar di sekolah.

Peran kepala sekolah, menurut Tanwier layaknya manager sebuah perusahaan yang mengelola produktivitas kerja demi merubah sumber daya yang dimiliki menjadi keuntungan yang akan dinikmati bersama, bila dalam jangka waktu tertentu ternyata produktivitas tidak terjadi, atau bahkan perusahaan merugi maka manager tersebut layak dipertimbangkan untuk mendapatkan penugasan pada Divisi lain, dengan tujuan penyegaran suasana kerja.

Demikian pula halnya dengan kepala sekolah, Tanwier mengatakan harus ada tren perubahan positif terkait kualitas pendidikan pada suatu jenjang pendidikan yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah, dan bila hal ini tidak terjadi, ia selaku pimpinan daerah berkewajiban untuk melakukan suatu pembinaan yang bertujuan untuk mengakselerasi proses belajar mengajar ditingkat sekolah agar menjadi lebih produktif

“Inilah yang menjadi dasar perlunya dilakukan rotasi kerja kepala sekolah dilingkungan lembaga pendidikan”, ungkapnya.

Bagi kepala sekolah yang menempati tempat tugas yang baru, Tanwier berharap dapat terus bekerja se-optimal mungkin dalam memajukan pendidikan di unit kerjanya masing-masing.

Disela sela pelantikan dan pengambilan sumpah 106 Kepala Dinas pendidikan Aceh Tengah, Drs. Nasasrudin mengatakan mutasi kepala sekolah yang dilakukan ditujukan untuk mengisi kekosongan jabatan karena adanya pejabat yang memasuki masa pensiun dan meninggal dunia.

Disamping itu menurutnya, diantara Kepala Sekolah yang baru dilantik ditujukan untuk mengisi jabatan pada sekolah yang baru dibentuk, seperti pada SD 16 Bebesen, kemudian SMP 38 Takengon yang berlokasi di Rusip Antara, SMP 39 Takengon di Pantan Nangka, kemudian SMP 40 Takengon yang bertempat di Blang Mancung, serta SMP 41 Takengon yang berlokasi di Umang, kemudian di tingkat sekolah menengah atas, SMA 18 Takengon yang bertempat di Kecamatan Linge. (SP/red.03)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.