by

Mursyid: Pembangunan Aceh Harus Fokus

Jakarta | Lintas Gayo ‚Äď Anggota DPD RI asal Aceh Ir Mursyid meminta agar ¬†tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) disesuaikan dengan potensi yang dimiliki Provinsi Aceh.

Kawasan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia sendiri dibagi dalam enam Koridor Ekonomi (KE), yaitu KE Sumatera, KE Jawa, KE Kalimantan, KE Sulawesi, KE Bali-Nusa Tenggara, dan KE Papua-Maluku.

‚ÄúEra emasnya Aceh sudah meredup. PT Arun produksinya semakin turun, Asean Aceh Fertilizer (AAF) tutup total, Pupuk Iskandar Muda (PIM) megap-megap, dan pabrik kertas mati. Hari ini, Pemerintah Aceh baik provinsi maupun kabupaten/kota harus fokus di bidang perkebunan dan pertanian,‚ÄĚ ujar Mursyid di Gedung Parlemen Senayan, Senin (1/10/2012).

Hal tersebut diungkapkannya saat rapat Komite II Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI tentang MP3EI yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Jero Wacik, Kepala BAPPENAS Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana, Wakil Menteri Pekerjaan Umum, dan Wakil Menteri Perhubungan.

Dengan demikian, lanjut Mursyid yang juga mantan Anggota DPRK Aceh Tengah ini, kedua sektor tersebut bisa menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Sektor ini masih bisa eksis walaupun terjadi resesi ekonomi pada tahun 1998. Bahkan, harga komoditas pertanian bisa naik sepuluh kali lipat, pada waktu itu.

Di sisi lain, sebutnya, irigasi di Aceh masih kurang. Saat musim hujan, Aceh rawan banjir. Sebaliknya, Aceh kekurangan air saat kemarau. Fakta menunjukan bahwa baik masa konflik maupun setelah damai, Aceh tetap surplus beras.

‚ÄúKarenanya,¬† perlu dibangun waduk dan irigasi teknis yang baik dengan kapasitas yang besar, sehingga ketersediaan air selalu ada dan dapat mengurangi resiko banjir serta memaksimalkan jadwal musim tanam. Tentu saja, Aceh bisa menjadi sentra produksi padi¬† untuk menjaga ketahanan pangan nasional,‚ÄĚ ujarnya.(LG-006/red.04).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.